breaking news New

Mantan Dirjen Perhubungan Diperiksa KPK

Kabarnusantara.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa mantan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono. Antonius diminta keterangan terkait kasus suap perizinan dan pengadaan proyek pengerukan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Adiputra Kurniawan, Komisaris PT Adhiguna Keruktama,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Kamis, 5 Oktober 2017.

Selain Antonius, KPK juga memerika tersangka Adhiputra. Diantaranya Empat orang dari pihak swasta dan Kepala KSOP Samarinda Tahun 2016, Yus K Usmany sebagai saksi untuk tersangka Adhiputra.

Usai diperiksa KPK, kepada wartawan Antonius menegaskan bahwa dirinya tidak melakukan suap melainkan gratifikasi.

“Saya tidak melakukan suap, cuma gratifikasi. Kalau suap kan ada transaksi segala macam,” ujarnya.

Ia menyampaikan dirinya tidak menerima suap dari PT Adhiguna Keruktama.

“Gak ada, Intu info yang salah”, tutupnya sambil masuk ke mobil KPK.

Sebelumnya, 23 Agustus 2017 KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di beberapa tempat di Jakarta. Penangkapan itu terkait kasus proyek di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

KPK saat itu menemukan 33 tas berisi uang di tempat tinggal Tonny di mess Perwira Dirjen Hubla di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Di dalamnya ditemukan uang sebesar Rp 18,9 miliar.

KPK kemudian menetapkan Antonius sebagai sehari setelah OTT tersebut.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan Adiputra diduga berperan sebagai pihak yang memberikan suap kepada Tonny. PT Adhiguna Keruktama sendiri merupakan salah satu perusahaan yang terlibat dalam proyek di pelabuhan tersebut. (Hipatios/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password