breaking news New

Benarkah Kena Air Hujan Bikin Sakit?

Kabarnusantara.net – Memasuki musim hujan, sebaiknya jaga fisik tubuh agar selalu sehat adalah hal yang penting. Jangan sampai hujan membuat seseorang rentan terpapar penyakit, salah satunya flu.

Akan tetapi, apakah benar ada korelasi antara air hujan dan menyebabkan seseorang sakit?

Banyak orang yang percaya bahwa air hujan dapat membuat sakit, mulai dari terkena flu, masuk angin, atau diare. Bahkan ada pula yang menyatakan jika air hujan yang turun untuk pertama kalinya setelah kemarau panjang, dianggap mengandung sejumlah penyakit.

Pandangan ini memang sangat wajar, sebab tidak sedikit orang yang jatuh sakit setelah kehujanan. Tapi apa benar hujan-hujanan membuat seseorang lebih rentan sakit? Hujan-hujanan bikin sakit, mitos atau fakta?

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Senin (9/10), saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu. Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal.

Jadi, sebenarnya kehujanan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bila daya tahan tubuh dalam kondisi yang cukup baik.

Lantas mengapa tubuh menjadi sering sakit setelah hujan-hujanan?

1. Penularan Virus

Berada dalam satu ruangan dengan orang yang terinfeksi virus biasanya virus flu cenderung berkembang biak lebih aktif saat cuaca dingin atau hujan di dalam ruangan yang dipenuhi banyak orang.

Pasalnya, pada masa tersebut orang cenderung saling berdekatan dalam jarak dekat satu sama lain sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Ketika ada satu atau beberapa teman yang sedang terkena flu kemudian bersin, tanpa disadari membuat orang menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh orang yang sedang mengalami flu. Sehingga kemungkinan besar tubuh akan ikut terinfeksi.

2. Suhu Tubuh Rendah

Ketika kehujanan, pada saat itu temperatur suhu menurun. Apalagi jika pakaian yang dikenakan basah terkena air hujan, hal ini memungkinkan tubuh terkena hipotermia karena kondisi badan kehilangan terlalu banyak suhu panas.

Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang Anda terinfeksi virus lebih besar. Tak jarang hujan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh, tetapi dalam hal ini bukan penyebab langsung menjadi sakit. (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password