breaking news New
Menkes Saat Memberikan Materi (Foto: Kabarnusantara.net/Ervan)

Menkes: Ibu yang Sehat Dapat Meningkatkan Investasi Bangsa

Jakarta, Kabarnusantara.net – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek, menegaskan ibu yang sehat dapat meningkatkan investasi bangsa.

Hal tersebut dikatakan dr. Nila saat tampil sebagai Keynote Speech dalam acara Seminar Nasional dengan tema ‘Perempuan Sehat Pelaku Ekonomi Andal’ yang diselenggarakan oleh Darma Wanita Persatuan Pusat, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

“Ibu-ibu yang sehat bisa jadi tenaga kerja yang produktif sehingga melahirkan bangsa yang cerdas,” kata dr. Nila.

Menurut dia, salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa adalah memperhatikan masalah kesehatan, diantaranya gizi.

“Untuk menjadikan manusia berkualitas maka hal yang harus dipikirkan adalah gizi. Ibu harus berpengetahuan tentang kesehatan. Maka tugas ibu-ibu adalah memperhatikan gizi anak-anak kita,” ungkap Menkes Nila.

Untuk itu, kata dr. Nila, ibu-ibu tak saja memberikan makanan tambahan kepada anak-anak, tapi juga dengan memberikan makanan yang sehat.

Ia juga mengungkapkan pertolongan persalinan oleh tim kesehatan sudah meningkat di tahun 2017, sehingga kematian ibu mengalami penurunan.

“Pertolongan untuk persalinan sudah meningkat. Hal ini didukung dengan infrastruktur dan tenaga kesehatan yang kita kirim ke daerah,” katanya.

Lebih lanjut dr. Nila menekankan bahwa Indonesia masih darurat dengan narkoba. Ia menyebut anak-anak usia 10 – 19 tahun masih mendominasi pengaruh narkoba.

“Ini tugas kita melarang mereka untuk tidak merokok sejak anak-anak. Narkoba masih menjadi persoalan bagi warga negara kita,” ungkapnya kepada ibu-ibu yang berjumlah duaribu orang yang datang dari seluruh Indonesia ini.

Kesehatan, kata dia, bukan saja datang dari dalam tubuh manusia. Namun disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan.

“Seperti kebiasaan membuang kotoran di kali dan belum ada sanitasi,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengajak ibu-ibu yang tergabung dalam Darma Wanita Persatuan se-Indonesia agar mau membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan cara hidup sehat yang dimulai dari keluarga.

“Tugas kaum perempuan dan ibu menjaga kesehatan anak dan keluarga. Ibu adalah agen of change bagi keluarga dan bangsa ini. Sehatkan bangsa kita dengan mulai dari hidup sehat,” pungkas dia. (Ervan/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password