breaking news New
Sekertariat Panwaslu Kabupaten Manggarai, ( foto: Berto Davids//KbN)

Hari Pertama 22 Orang Mendaftar, Peminat Panwascam di Manggarai Terbilang Tinggi

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Panwaslu Kabupaten Manggarai mulai membuka lowongan bagi warga Manggarai yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTT Tahun 2018 mendatang. Anggota panwascam itu nanti akan bertugas di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Meski baru hari pertama tahap penerimaan berkas, sudah 22 peminat di bidang pengawasan pemilu yang menyerahkan berkas pendaftaran. Selain itu calon pelamar lainnya membludak memenuhi halaman kantor Panwaslu Kabupaten Manggarai. Mereka datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Sekretaris Pokja pembentukan Panwaslu Kecamatan, Fortunatus H. Manah kepada media ini, Rabu, 11 Oktober 2017, mengatakan pengumuman secara terbuka sudah disampaikan sejak pekan lalu melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik.

“Penyebarluasan informasi tersebut melalui berbagai media merupakan bentuk keterbukaan lembaga pengawas pemilu dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Selain 22 calon anggota panwascam yang telah menyerahkan berkas pendaftaran di hari pertama, ada ratusan orang yang telah datang mengambil formulir.

“Sudah ada ratusan orang yang datang ambil formulir pendaftaran, kita terus membuka hingga penutupan pendaftaran nanti. Banyaknya warga yang melamar menunjukan kepekaan warga untuk menjadi pengawas pemilu,” katanya.

Dikatakan rekrutmen tenaga Panwas kecamatan sesuai amanah pasal 132 ayat 5 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Anggota Panwascam yang terpilih nanti akan menjalankan tugas dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTT 2018 mendatang.

Anggota Pokja lain Herybertus Harun mengatakan seleksi akan dilalui dalam beberapa tahap yakni seleksi administrasi, tertulis dan yang terakhir tahap wawancara.

“Nanti juga ada tahap uji public, nama-nama yang lolos 6 besar akan diumumkan secara terbuka supaya ada masukan dari masyarakat terkait integritas calon anggota”katanya.

Ia mengharapkan agar proses seleksi berjalan tanpa kendala berarti sehinggah calon anggota Panwas Kecamatan yang dihasilkan benar-benar memiliki kapasitas dan integritas yang dibutuhkan.

“Kapasitas dan integritas menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh seorang pengawas. Kapasitas saja tidak cukup, karena itu integritas juga sangat penting. Sebaliknya integritas tanpa kapasitas akan melahirkan kepincangan,” tandasnya.
(Berto Davids/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password