breaking news New
Juru bicara KPK, Febry Diansyah

KPK Telusuri Penggunaan Sarana Perbankan terkait Kasus Suap Dirjen Hubla

Jakarta, Kabarnusantara.net – Komisi Pemberantasan Korupsi menelusuri lebih jauh 2 Bank terkait penggunaan Sarana perbankan sebagai alat untuk memberikan suap dan gratifikasi dalam kasus suap Dirjen Hubungan Laut (Hubla) nonaktif Antonius Tonny Budiono.

“Untuk pihak bank memang kita menggali lebih jauh dan mencari informasi lebih jauh tentang penggunaan sarana perbankan sebagai alat untuk memberikan suap atau gratifikasi. Karena kita tahu, ketika Operasi Tangkap Tangan dilakukan KPK menemukan bukti beberapa ATM dari bank berbeda dan buku tabungan. Tentu itu perlu kita telusuri lebih lanjut,” ujar Febri di Gedung KPK, Selasa (10/10/2017).

KPK juga menelusuri indikasi proyek lain dalam kasus suap Dirjen Hubungan Laut (Hubla) nonaktif Antonius Tonny Budiono. Oleh sebab itu, penyidik KPK terus mendalami indikasi proyek lain tersebut.

“Memang dalam kasus ini, tidak hanya satu atau dua proyek yang diduga terkait dengan pemberian terhadap Dirjen Hubla tersebut, ada sejumlah proyek juga kita dalami saat ini, terutama untuk keterkaitan dugaan gratifikasi yang terdapat pada 33 tas itu,” kata Febri.

Namun Febri enggan menyebutkan indikasi proyek lain tersebut. Saat ini belum bisa disebutkan Febri di bidang apa proyek lain itu.

“Secara spesifik di bidang apa saja, tapi yang pasti ada keterkaitan di sejumlah proyek,” kata Febri.

“Ada cukup banyak ya, pihak yang diduga sebagai pemberi di sini. Terkait dengan kewenagan di Hubla tentu saja. Sedangkan indikasi aliran dana pada phak lain sejauh ini saya belum mendapatkan informasi. Karena ita tahu, sampai dengan saat ini terhadap terdakwa tidak digunnakn pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP,” Sambungnya.

Sebelumnya, KPK menemukan Rp 20 miliar dalam OTT Dirjen Hubla Antonius Tonny Budiono. KPK menyebut uang tersebut berasal dari banyak pihak. (OWL/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password