breaking news New

Menkes : Potensi Laut Indonesia Menjawab Gizi Buruk Anak

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek.

Jakarta,Kabarnusantara.net -Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek, menyerukan pentingnya asupan ikan bagi anak dalam rangka meningkatkan gizi anak Indonesia.
Hal tersebut dikatakan Menkes Nila dalam pemaparan materinya pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat Tahun 2017 yang diadakan di Birawa Assembly Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).

Seruan itu untuk menjawab tantangan angka kekurangan gizi di Indonesia. Dari data badan Pusat Statisktik menunjukan angka anak-anak yang menderita kurang gizi di Indonesia masih tinggi bila dibandingkan dengan angka ambang batas yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO).
Pada kategori kekurangan gizi menurut indeks berat badan per usia, angkanya mencapai 17 % dibandingkan angka kekurangan gizi WHO 10%.
Sedangkan pada kategori kekurangan gizi berdasarkan indeks tinggi badan per usia angka kekurangan gizi masih 27,5% sedangkan ambang batas WHO 20%.

Kemudian bila dilihat dari indeks berdasarkan berat badan per tinggi badan angkanya mencapai 11 % yang terdiri dari kurus dan sangat kurus, sedangkan ambang batas WHO berada pada angka 5 %.
Ia menyarankan agar ibu-ibu anggota darma wanita terus kereatif dalam member nutrisi kepada anak.

“Anak-anak Indonesia berada di negara maritim. Untuk itu potensi kelautan yang ada harus dimanfaatkan,” ungkapnya.
Konsumsi ikan Indonesia memang masih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Meskipun demikian terdapat perubahan beberapa tahun terakhir setelah nahkoda Kementrian Kelautan dan Perikanan di bawa tangan Menteri Puji Astuti.

Potensi ikan Indonesia memang sangat berlimpah. Tercatat sumber daya ikan sampai saat ini mencapai 9,9 Juta ton. Potensi luas lahan budidaya juga mencapai 83,6 juta hektare. Kondisi alam laut Indonesia yang kaya akan protein ini sangat membantu untuk mendorong tingkat gizi anak ke arah yang lebih baik.

“Kementrian kesehatan mengungkapkan bahwa ikan sangat penting bagi anak dan tugas ibu Darma Wanita adalah memberi anak-anak ikan. Selain itu mensosialisasikan pentingnya makan ikan bagi tumbuh kembang anak,” tutupnya. (OWL/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password