breaking news New

Pertama Serahkan Syarat Administrasi Pendaftaran ke KPU Manggarai, Berkas PERINDO Dikembalikan

Sekertariat Penerimaan Berkas Keanggotaan Partai Politik Kabupaten Manggarai.

RUTENG, Kabarnusantara.net – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Manggarai menjadi partai pertama yang menyerahkan sejumlah syarat administrasi pendaftaran ke KPU Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun berkas syarat administrasi pendaftaran yang diajukan oleh DPD Perindo Manggarai itu dikembalikan lagi oleh KPU setempat.

DPD Partai Perindo mendaftar Senin (9/10/2017), tepatnya pukul 13:00 waktu setempat. Jadwal penyerahan berkas itu dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia.

Penyerahan berkas dokumen kepengurusan dan keanggotaan Perindo Manggarai langsung dibawa Ketua DPD Partai Perindo Manggarai, Drs. Johanes Mat Ngare,M.Si, bersama pengurus dan kader partai.

Berkas tersebut diterima langsung oleh Penanggung jawab dan Koordinator Penerimaan Parpol KPU Kabupaten Manggarai, Thomas Aquino Hartono. Penyerahan berkas itu juga diawasi langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Manggarai, yang dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia,M.Pd dan Komisioner Panwaslu Kabupaten Manggarai, Heribertus Harun,SE dan Tim Teknis .

Untuk diketahui, pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 dilakukan di KPU pusat, namun syarat administrasi pendaftaran diserahkan di KPU kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sekalipun datang sebagai partai pertama yang menyerahkan syarat administrasi pendaftaran, namun KPU setempat tidak serta merta menerimanya.

“Kami memeriksa beberapa syarat yang ada namun masih ada kekurangan. Diantaranya tidak adanya kesesuaian antara jumlah daftar nama anggota partai politik yang diserahkan dengan jumlah foto copy KTP dan KTA. Perindo menyerahkan 2.096 daftar nama anggota, namun KTP dan KTA hanya sejumlah 2.069,” ujar Hartono, Senin, 9 Oktober 2017.

Meski demikian, ujar Hartono, dari sisi jumlah Keanggotaan Partai Politik dengan ambang batas minimal 318, DPD Perindo sudah memenuhi syarat dengan menyerahkan 2.096 jumlah keanggotaan.

“Sementara kami kembalikan dulu berkasnya, namun kekurangan persyaratan tersebut masih bisa dilengkapi hingga tanggal 16 Oktober mendatang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia,M.Pd mengatakan pengembalian berkas yang dilakukan oleh KPUD Manggarai juga diperkuat rekomendasi lisan Panwaslu Kabupaten Manggarai.
(Berto Davids/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password