breaking news New

Seluruh Bupati Akan Dipanggil KPK

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (foto: istimewah)

Jakarta, Kabarnusantara.net – Sejak melakukan pendampingan dana Desa pada tahun 2015, Komisi Pemberantasan Korupsi telah menerima banyak pengaduan penyelewengan dana desa baik dari masyarakat maupun pengawas Lapangan.

“Kita concern 2015 sampe sekarang pendampingan dana desa sudah dilakukan KPK. Banyak laporan masyarakat kita akan bersepakat akan lakukan pembenahan,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan usai bertemu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo di gedung KPK, Jakarta.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, mengatakan bahwa laporan yang diterima KPK sebagian besar terjadi akibat kurangnya pemahaman Kepala Desa dalam mengelola dana desa, sehingga dengan gampang pihak-pihak tertentu memanfaatkan celah itu untuk mengambil keuntungan.

“Kita dengar baru-baru ini penangkapan oleh Saber Pungli di Jawa Timur ada pihak-pihak tertentu dari tingkat kabupaten pada saat berikan dana desa tersebut minta potongan-potongan,” Ujar Basaria.

Basaria melanjutkan bahwa KPK bekerja sama dengan Kemendes dan kementerian terkait lain akan memanggil serta mengumpulkan seluruh bupati guna memastikan tidak ada lagi bupati atau pejabat kabupaten yang memotong dana desa.

“Kita harapkan semua pembangunan dari dana desa ini kalau bisa berjalan dengan baik maka ekonomi masyarakat bisa lebih cepat berkembang. Kita harapkan sesuai kebutuhan masyarakat dan bermanfaat masyarakat itu sendiri. Kita bersepakat mendampingi full,” lanjutnya

Sementara itu, Eko Putro Sandjojo,  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meminta KPK dan seluruh elemen masyarakat dan institusi terkait lainnya turut mengawasi dana desa apalagi anggarannya terus meningkat setiap tahun.

“Tahun depan akan dinaikkan lagi jadi Rp 120 tiliun oleh karena itu meminta KPK dan seluruh elemen masyarakat dan institusi terkait lainnya turut mengawasi dana desa,” ujar Eko. (OWL/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password