breaking news New

Jafar Hafsah Terima Uang Dari Nazaruddin Untuk Beli Land Cruiser

gambar karikatur politik suap (Foto : www.suaralidik.com)

Jakarta, Kabarnusantara.net – Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Jafar Hafsah, mengaku pernah menerima uang dari Muhammad Nazaruddin. Hal itu disampaikan Jafar saat memberikan kesaksian dalam sidang untuk terdakwa Andi Narogong di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Jafar mengaku, dari uang yang diterimanya sebagian digunakan untuk membeli satu unit mobil Land Cruiser.

Menurut Jafar, sebagai ketua fraksi, uang yang diterimanya hanya untuk kepentingan operasional partai dalam berbagai kegiatan. Nominal yang diterimanya sebesar Rp970 juta lantaran posisi Nazaruddin sebagai bendaraha umum partai dan fraksi.

“Iya saya menerima uang dari bendahara. Jumlah sekitar itu. Dari Nazaruddin,” kata Jafar.

Jafar menambahkan, tugas Nazaruddin sebagai bendahara memang mengelola dana partai yang diperoleh dari iuran atau kontribusi setiap anggota fraksi.

Terkait pembelian mobil dari uang yang diberikan Nazaruddin, Jafar membenarkan dan sisanya sudah dikembalikan ke kas partai. Untuk pembelian satu mobil Land Cruiser, ia mengaku hanya memakai uang sekitar Rp300 juta. “(Sisanya) Saya kembalikan ke fraksi,” ujarnya.

Saat ditanya darimana sumber uang tersebut, Jafar mengaku tidak tahu. Ia menerima uang tersebut karena diberikan oleh Bendahara partai.

“Saya tidak tahu (sumbernya) pak, dia kan bendahara saya, saya Ketua Fraksi,” katanya menjawab Penasihat Hukum Andi Narogong.

Dalam surat dakwaan terhadap dua terdakwa Irman dan Sugiharto, Jafar Hafsah disebut menerima fee proyek e-KTP sebesar US$100.000.

Kemudian, Partai Demokrat juga disebut Nazaruddin mendapatkan jatah sebanyak US$500.000 dari pengusaha Andi Narogong yang diduga mengatur pemenang proyek e-KTP senilai Rp5,9 triliun tersebut. (Wira/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password