breaking news New

Pengurus Vox Point Indonesia Daerah Lampung Resmi Dilantik

Kabarnusantara.net – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Daerah Lampung periode 2017-2020 resmi dilantik, di Aula Penyejuk Jiwa, Bandar Lampung, Sabtu (14/10/2017).

Acara pelantikan ini dikemas dalam perayaan ekarisiti yang dipimpin oleh Pastor Moderator DPD Vox Point Indonesia Lampung yang adalah Ketua Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Tanjungkarang RD. Philipus Suroyo.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Lampung, Markus Sukamto, menegaskan acara pengukuhan Pengurus DPD Lampung telah mendapat restu dari Uskup Tanjung Karang Mgr. Yohanes Harun Yuwono.

Kamto menjelaskan, sebelum digelarnya acara pelantikan ini, Dewan Pengurus Nasional (DPN) Vox Point Indonesia bersama aktifis Katolik Lampung sudan melakukan audiensi dengan Bapak Uskup Tanjung Karang Mgr. Yohanes Harun Yuwono pada Agustus 2017 yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Kamto, Mgr. Yohanes Harun Yuwono berpesan agar Vox Point Indonesia Daerah Lampung segera dibentuk dan bekerja.

“Bapak Uskup merspon baik bahkan bergembira Vox Point Indonesia ada di Lampung. Pesan Bapak Uskup jangan sampai Vox Point Indonesia hanya jadi organisasi papan nama. Maka beliau katakan, lantiklah segera, segeralah bekerja. Pada intinya Bapak Uskup menghendaki agar Vox Point Indonesia cepat bekerja bukan hanya untuk umat Katolik Lampung tapi untuk masyarakat Lampung pada umumnya,” kata Kamto.

Lebih lanjut Kamto mengatakan, kehadiran Vox Point Indonesia di daerah Lampung sangat dibutuhkan, lebih khusus untuk kepentingan kaderisasi bagi awam Katolik.

“Kaderisasi merupakan kebutuhan penting bagi umat Katolik di Lampung. Vox Point Indonesia bisa hadir menjadi yang terdepan untuk menggerakan dinamika kaderisasi, itu harapan Bapak Uskup,” ujar Kamto

Menurut Kamto, selama ini banyak aktifis Katolik tesebar di mana-mana, tetapi ketika bicara kepentingan Gereja dan bangsa susah untuk bersatu. Semua mengusung jargon masin-masing.

“Bahwa kita ini makan dan minum dari sumber yang sama yakni Tubuh Kristus. Maka, ketika kita bicara nilai dan kekatolikan, Vox Point Indonesia adalah tempat yang nyaman untuk kita berbicara. Kehadiran Vox Point Indonesia menjadi wadah dan penggerak untuk bisa menyatukan dinamika politik di Lampung,” ungkapnya.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh berbagai Organisasi Masyarakat Katolik seperti FMKI Lampung, Pemuda Katolik Lampung, PMKRI Cabang Bandar Lampung, WKRI Lampung, Ikatan Alumni Pemuda Katolik Lampung,  dan beberapa ormas lainnya.

Lebih lanjut Kamto mengatakan Vox Point Indonesia merupakan wadah yang tampil beda dengan yang lain. Sebab, kata dia, Vox Point Indonesia tak membeda-bedakan, akan tetapi menerima semua umat Katolik yang punya visi misi yang sama untuk Gereja dan bangsa.

“Boleh datang dari afiliasi Parpol dan ormas yang lain, tetapi sejauh kita bicara kekatolikan, Vox Point menjadi yang terdepan, kita itu sama dan satu dalam berkarya,” tegas Kamto.

Sebagai tindaklanjut dari pengukuhan pengurus ini, Kamto berjanji akan meggelar Raker pada November 2017 mendatang.

“Konsentrasi kami adalah Raker. Sebab, di awal 2018 setidaknya ada tiga wilayah (kabupaten/kota) di Lampung yang sudah harus terbentuk kepengurusannya,” janji Kamto.

Acara ini juga dihadiri oleh Dirjen Bimas Katolik Kementrian Agama Republik Indonesia yang merupakan Pengawas Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia Eusabius Binsasi.

Hadir pula Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, Dewan Penasehat, F. X. Budhi Hendartho, Wakil Ketua Umum, Bambang Sunanta, Susan Binsasi Sarumaha, Haposan Paulus Batubara, Bendahara Jakobus Bouk dan Setiana Wijaya serta Direktur Operasional Mario Oscar Titahelu.(Ervan/KbN) 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password