breaking news New

Ini Negara – Negara Yang Melarang Media Sosial

Foto: Ilustrasi

Kastranet – Saat sebagian warga negara disibukan dengan media sosial, justru beberapa negara melarang media sosial. Apalagi geliat smartphone dan internet turut membuat aktivitas di media sosial menjadi salah satu rutinitas manusia di dunia maya.

Rasanya masih tidak percaya dengan aturan itu. Namun kejadian ini memang benar adanya, bahkan tak sedikit. Ternyata ada banyak negara yang melarang warganya untuk tidak menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga Youtube.

Justru, negara-negara yang melarang warganya mengakses media sosial ini bisa terbilang negara yang memahami akan teknologi. Dilansir dari maleindonesia, berikut beberapa negara melarang media sosial bagi warganya.

1. Vietnam

Salah satu negara di Asia Tenggara ini melarang penggunaan Facebook pada 2009. Meski pemerintah setempat membantah dengan sengaja memblokir akses ke jejaring sosial tersebut, masyarakat di Vietnam juga melarang penduduknya untuk berbagi kabar di jejaring sosial lain.

Pada tahun 2013 negara ini bahkan mengesahkan undang – undang tentang larangan sosial media. Pihak pemerintah pun tidak segan untuk menahan atau menangkap pihak – pihak yang menggunakan media sosial sebagai bahan untuk menentang pemerintah.

2. RRC (Republik Rakyat Cina)

Negeri Tirai Bambu juga melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial Facebook, Youtube, dan Twitter. Sebagai gantinya, China merekomendasikan media sosial rancangannya sendiri seperti Weibo (Twitter versi China) dan Renren yang disebut mirip Facebook, untuk masyarakatnya yang ingin berselancar di media sosial.

3. Saudi Arabia

Negara dengan mayoritas warganya yang beragama muslim ini, ternyata tidak hanya melarang namun juga menentang kehadiran sebuah media sosial di negaranya. Bahkan pemerintah Arab Saudi telah meblokir jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Viber, Skype, dan lain sebagainya. Bahkan dikabarkan Arab Saudi juga melarang warganya menggunakan aplikasi mendunia layaknya Whatsaap dan BBM.

4. Pakistan

Pakistan memblokir akses ke situs web Facebook pada 2010. Langkah ini ditempuh negara tersebut setelah menemukan konten yang dinilai berisi SARA. Tak hanya Facebook, Pakistan juga melarang masyarakatnya menggunakan Twitter dan Youtube. Keputusan ini diambil berdasarkan kemungkinan serangan maya pada jaringan komputer komisi pemilihan di Pakistan.

5. Korea Utara

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini dikenal otoriter dan amat mengedepankan keamanannya. Sehingga Korea Utara memilih untuk melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook. Tak hanya itu, negara ini juga membatasi penggunaan internet.

Sejumlah mahasiswa pascasarjana dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang bahkan tak pernah menggunkaan fasilitas internetnya untuk membuka Facebook meski memiliki akses khusus internet.

Nah, dari sederet larangan tersebut. Apa jadinya jika Indonesia melarang adanya media sosial? Apalagi hoax terus merajalela melalui media sosial. Siapkah Anda tanpa media sosial?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password