breaking news New

Ada 106 Pelamar, Pokja Panwaslu Manggarai Adakan Rapat Lanjutan

Kabarnusantara.net – Perekrutan Panwascam Kabupaten Manggarai sudah dilakukan oleh Pokja Panwaslu. Penutupan pendaftaran berakhir pada 17 Oktober 2017 pada pukul 02.00 WITA. Sejak diumumkannya pendaftaran melalui RSPD Manggarai dan beberapa media cetak termasuk blog Panwaslu Kabupaten Manggarai, ada 106 pelamar dari 12 kecamatan yang sudah mendaftar hingga tanggal penutupan.

Dari 106, ada beberapa pelamar yang perlu melengkapi berkasnya pada 18 – 21 Oktober 2017. Dari 106, hanya satu orang pelamar setelah dicek kelengkapannya, yang usianya belum mencapai 25 tahun sesuai standar usia yang ditetapkan bagi calon pelamar.

Kualifikasi pelamar sangat variatif mulai dari lulusan SMA Paket C hingga Sarjana Strata I. Ada pula yang D3. Tampak dari data yang ada, kebanyakan berkualifikasi Sarjana Strata I. Tidak ada satu pun yang berkualifikasi Magister.

Berdasarkan data yang dilansir Panwaslu Kabupaten Manggarai, adapun pelamar dari tiap kecamatan, di antaranya: Kecamatan Langke Rembong sebanyak 16 orang pelamar, terdiri dari 14 S1 dan 2 berijazah SMA; Kecamatan Cibal Barat sebanyak 9 orang pelamar, 6 S1 dan 3 SMA; Kecamatan Cibal, ada 12 pelamar yang terdiri dari 8 S1 dan 3 SMA dan 1 orang D3; Kecamatan Lelak sebanyak 7 orang pelamar, 2 S1, 1 orang D3 dan 4 orang lulusan SMA.

Kecamatan Rahong Utara, 1 orang S1 dan 5 orang SMA; Kecamatan Reok Barat, sebanyak 8 orang, 6 berijazah S1 dan 2 orang SMA; Kecamatan Reok sebanyak 8 orang pelamar, 2 SMA dan 6 orang berkualifikasi S1; Kecamatan Ruteng ada 9 orang pelamar yang terdiri dari 6 S1 dan 3 orang SMA; Kecamatan Satar Mese Barat, sebanyak 5 orang, 4 S1 dan 1 orang D3.

Kecamatan Satar Mese Utara sebanyak 5 orang dengan kualifikasi 2 S1, 3 orang SMA; Kecamatan Satar Mese, sebanyak 9 orang, 6 S1, 3 orang berijazah SMA; dan Kecamatan Wae Ri’i, sebanyak 12 orang pelamar, 7 orang berkualifikasi S1, sedangkan 5 orang lainnya pendidikan terakhir berijazah SMA.

Suasana Rapat Lanjutan Pokja Panwaslu

Melihat data di atas Pokja melakukan rapat lanjutan. Rapat yang diadakan hari ini, Jumat, 20 Oktober 2017 di ruang rapat Sekretariat Panwaslu dipimpin oleh Ketua Komisioner Panwaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd., didampingi Komisioner Fortunatus Hamsah Manah, S.Pd., Heribertus Harun, SE juga Kepala Sekretariat, Yoseph Jehadin, SH. Turut serta Tenaga Teknik Albert K. Efendi, S.Fil., M.Pd., Chandra Antara, SH serta staf Non ASN lainnya, Farida Maria Immaculata, Dionisia Etra Said, dan Gaspar Sandar  juga Staf ASN Lingkup Pemkab Manggarai, Agustinus Arianto, Yolianus Suwardi, Yustinus I. M. Tarmin, dan Maria C. H.

Marselina Lorensia, M.Pd., Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai, dalam rapat menegaskan, para pendaftar akan diuji melalui tes tertulis dan wawancara. Yang masuk, katanya, akan diketahui melalui tahapan-tahapan wawancara. Hal yang sama dikatakan oleh Komisioner Heribertus Harun, SE, menegaskan setelah pengecekan administrasi beres akan diikuti dengan tes-tes lainnya. “Setiap pelamar wajib belajar UU karena soalnya disiapkan oleh Propinsi”, ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Komisioner Fortunatus Hamsah Manah, S.Pd. Dia menegaskan Panwascam yang diperlukan adalah orang profesional, dapat berargumen secara rasional normatif, mengerti IT, bisa komputer karena setiap Pukul 04.00 sore WITA wajib melaporkan kegiatan melalui Whatsapp, Email dan perangkat aplikasi lainnya ke Sekretariat Panwaslu Kabupaten Manggarai. “Tim Teknis Sekretariat akan bekerja maksimal menerima setiap laporan Panwascam melalui perangkat yang ada lalu diteruskan ke Komisioner untuk ditindaklanjuti ke Bawaslu Proponsi NTT dan Bawaslu Pusat di Jakarta”, tantangnya. (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password