breaking news New

Keren, Parade 1000 Bendera Warnai Perayaan Sumpah Pemuda di Sawah Lodok Meler

RUTENG, Kabarnusantara.net – Komunitas Pencinta Ruteng yang dihuni puluhan anak muda kreatif berhasil menggagas sesuatu yang berbeda pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Betapa tidak, komunitas anak muda kreatif yang digawangi Igen Marley itu berhasil melaksanakan aksi Parade 1000 Bendera kebangsaan Indonesia, Merah-Putih di Sawah Lodok Lingko Lumpung Meler, Desa Meler, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tak tanggung-tanggung, peserta parade 1000 bendera itu melibatkan berbagai komunitas orang muda Manggarai, Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai, dan Komunitas Masyarakat Adat Gendang Meler dan Gendang Mangge.

 

Tampak sejumlah komunitas pelajar dan mahasiswa juga terlibat, diantaranya SMK Widya Bhakti, SMA Budi Dharma Cancar, STIE Karya Ruteng dan STKIP St. Paulus Ruteng.

Ada pula Komunitas Orang Muda Katolik dari Paroki St. Vitalis Cewonikit dan Komunitas Motor Gede Ruteng.

Pantauan Kabarnusantara.net, Sabtu, 28/10/2017, Upacara Bendera memperingati Sumpah Pemuda berlangsung di Sawah Lodok Lingko Lumpung dengan penuh khidmat.

Upacara bendera itu dipimpin Asisten Bupati Manggarai, Anglus Angkat.

Pada kesempatan itu mewakili Bupati Manggarai, Angkat menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas kreativitas yang luar biasa dari anak-anak muda Manggarai yang tergabung dalam Komunitas Pencinta Ruteng.

Angkat juga menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas semangat yang ditunjukkan komunitas masyarakat adat Gendang Meler dan Gendang Mangge, Desa Meler.

Angkat pun mengutarakan kebanggaan Pemerintah atas respon masyarakat yang turut menjaga dan melestarikan obyek wisata budaya Sawah Lodok berbentuk jaring laba-laba di wilayah Kecamatan Ruteng itu.

Dikatakan Angkat, pemerintah berkomitmen mendukung seluruh inisiatif masyarakat dalam membangun wisata berbasis budaya di Kabupaten Manggarai.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pencinta Ruteng, Igen Marley mengatakan kegiatan sebagai salah satu bukti bahwa orang muda turut terlibat aktif dalam pembangunan daerah dan bangsa ini.

Dikatakan Igen, dengan Parade 1000 bendera di obyek wisata Sawah Lodok Lingko Lumpung Meler ini, orang muda Manggarai telah turut aktif mempromosikan obyek wisata budaya yang hanya ada di Manggarai itu.

“Kita sama-sama tahu bahwa Sawah Lodok berbentuk jaring laba-laba hanya ada di Manggarai. Salah satunya di Desa Meler ini. Dan Sawah Lodok sudah diakui pemerintah sebagai warisan budaya nasional dan juga warisan budaya dunia. Karena itu, orang muda wajib melestarikannya,” ungkap Igen sumringah.

Selain parade 1000 bendera, Komunitas Pencita Ruteng juga menyelenggarakan kegiatan Fun Bike yang rencananya akan diselenggarakan di Ruteng dengan rute dimulai dari Rumah Adat Gendang Ruteng Pu’u.

Kegiatan itu akan berlangsung pada Minggu, 29 Oktober 2017 dengan melibatkan seluruh masyarakat kota Ruteng pencinta olah raga bersepeda.

Setelah upacara bendera di obyek wisata budaya itu, masyarakat adat Meler menampilkan sejumlah atraksi seperti Tarian Rangkuk Alu dan Pemukulan Gong dan Gendang dengan irama taki tu.

Selain itu, ada pameran makanan khas lokal. Tampak ratusan penggemar makanan lokal memadati lokasi pameran makanan lokal di depan rumah adat Gendang Meler.

Ada pula pameran kerajinan khas Meler berupa Tas dan Topi Re’a. (AM/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password