breaking news New

Di Depan Leluhur BKH Bersujud

Di depan leluhurnya ini, BKH bersujud-doa sekaligus memberi makan (teing hang), 03 November 2017. ( Foto: WG Peduli NTT)

Ruteng, Kabarnusantra.net – Anggota DPR RI, Dr. Benny K. Harman,SH mengisi awal masa resesnya kali ini dengan menyerap aspirasi di kampung Kole Desa Nao Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai pada Jumat (3/11/2017).

Sebelum mendengarkan aspirasi, Benny yang akrab disapa BKH itu berdoa di rumah abadi leluhurnya di kampung Kole itu. Itu tempat asal ibunya. Jadi, ini kampung anak rona ulu-nya BKH.

Di depan leluhurnya ini, BKH bersujud-doa sekaligus memberi makan (teing hang) untuk memohon dukungan, restu, perlindungan dan petunjuk dalam perjuangan menjadi Gubernur NTT periode 2018-2023.

Pada kesempatan itu, BKH mengatakan bahwa dalam keseluruhan hidupnya, dia memiliki keyakinan dengan leluhur.

“Dukungan dari leluhur itu penting dan jarang kita sadari. Tetapi saya akan selalu dan selalu menghormati mereka sesuai dengan adat dan kebiasaan yang hidup di masyarakat kita. Dari dulu saya sangat percaya dengan adat. Adat dan kebiasaan yang baik adalah kekayaan yang harus kita pelihara dan praktekan. Jangan sampai adat warisan nenek moyang ini hilang di generasi kita hanya karena kita terlalu rasional dan sikap kembeleis (melecehkan)”,Ujar Balon Gubernur NTT ini.

Bagaimanapun, lanjut BKH, ada kekuatan lain yang ikut menentukan setiap perjuangan kita yang hidup di luar upaya rasional manusia. Karena itu, katanya, penting untuk mendapatkan kekuatan karena keyakinan kita kepada adat dan kebiasaan kita bahwa leluhur bisa memberikan jalan untuk kita anak cucu ketika menapaki jalan kehidupan ini termasuk untuk merebut kekuasaan.

Kenapa? Politik Ini bukan pekerjaaan gampang. Hidup ini juga bukan sesuatu yang gampang. Semuanya sulit.

“Banyak hal dalam hidup ini yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat. Dukungan leluhur itu tidak berwujud tapi dahsyat. Itu yang saya yakini dari dulu”, ungkap calon gubernur NTT ini. (OWL/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password