breaking news New

SMAN 1 Satarmese Tekad Selenggarakan UNBK, Ini Harapannya

Foto: Ilustrasi

RUTENG, Kabarnusantara.net – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Satarmese, Kabupaten Manggarai, NTT merupakan salah satu Sekolah yang bertekad menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hal ini disampaikan oleh Proktor SMAN 1 Satarmese, Venansius Salomon kepada Kabarnusantara.net pada Kamis (9/11/2017) di Ruteng.

“Sekolah Kami siap menyelenggarakan UNBK dan itu telah disetujui oleh Pemerintah” kata Venansius.

Namun, lanjutnya, pihak SMAN 1 Satarmese masih punya keterbatasan dalam hal ketersediaan alat – alat pendukung pelaksanaan UNBK. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar ada kontribusi atau sumbangan dari para Donatur, Alumni dan Orang Tua Siswa demi terlaksananya UNBK.

Lebih lanjut Dia mengatakan bahwa keterbatasan SMAN 1 Satarmese dalam hal ketersediaan alat pendukung itu adalah Komputer dan alat pendukung lainnya.

“Komputer yang tersedia hanya 20 unit dan 1 Server, sedangkan Siswa Peserta UNBK berjumlah 198 orang” ungkapnya.

“Oleh karena itu, pihak SMAN 1 Satarmese mengharapkan peran serta Alumni, Orang Tua Siswa maupun para Donatur untuk memberikan kontribusi bagi pengadaan alat – alat pendukung” ungkapnya lagi.

Saat ditanya terkait alasan Sekolah mengharapkan bantuan dari pihak yang sudah disebutkan dalam menyelenggarakan UNBK, Venansius menjelaskan bahwa Juknis anggaran Sekolah seperti Dana BOS tidak mengakomodir pengadaan peralatan Komputer sesuai dengan kebutuhan Peserta Ujian dan anggaran komite tidak dialokasikan untuk belanja Komputer. Itu sebabnya Sekolah membebankan ini kepada Alumni, Orang Tua Siswa dan para Donatur sambil mengajukan proposal ke Pemerintah.

“Juknis Dana Bos dan komite tidak diperuntukan kesitu sehingga Kami mengambil inisiatif dan akan segera menggelar rapat dengan Orang Tua Siswa serta para Alumni” tutur Venansius.

Menurut Venansius, alat – alat pendukung yang dibutuhkan Sekolah untuk pelaksanaan UNBK itu adalah:
1. 4 Unit Komputer Server
2. 1 Unit Modem ADSL
3. 1 Unit Acses Point
4. 1 Unit Swits
5. 178 Unit Komputer/Laptop Client
6. 178 Unit Mause
7. 178 Unit Headset
8. Kabel UTP dan RJ 45.

Alat – alat pendukung yang dibutuhkan ini akan dibahas dalam rapat dan akan dimasukan dalam proposal demi terlaksananya UNBK yang menambah wawasan pendidikan berteknologi bagi Siswa/i. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password