breaking news New

1.500 Buruh Gelar Aksi di Depan Walikota Batam

Batam, Kabarnusantara.net – Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2017, Buruh dan Pekerja Kota Batam – Kepri yang tergabung dalam Serikat Pekerja FEDERASI SERIKAT PEKERJA METAL INDONESIA melakukan aksi unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kota Batam depan Kantor Walikota Batam .

Aksi unjuk rasa kali ini diikuti oleh 1.500 Orang Pekerja yang didahului dengan melakukan Longmarch diawali di Halte Panbil Mall sampai ke depan Kantor Walikota yang ditempuh oleh peserta aksi lebih kurang 7 Km. Dalam aksi kali ini buruh menyuarakan beberapa Tuntutan diantaranya :

  1. Tolak Upah Murah.
  2. Cabut PP 78 Tahun 2015.
  3. Naikkan Upah Minimum Sebesar Rp 650.000,-.
  4. Mendesak PEMKO BATAM Agar Pengusaha Membentuk Asosiasi Sektoral.
  5. Tolak Upah Minimum menggunakan PP 78 Tahun 2015.
  6. Tolak Kenaikan TDL.
  7. Mendesak PEMKO BATAM Agar Mengontrol Harga Sembako.

Salah satu pimpinan buruh Suprapto yang sekaligus Pangkorda Garda Metal Fspmi menyampaikan bahwa aksi tersebut menolak PP 78 Tahun 2015.

“Kami hari ini kembali turun ke jalan yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, dengan semangat Hari Pahlawan kami buruh batam menolak UMK Batam yang memakai Formula PP 78 /2015 yg kenaikan Rp.283.000, yang mana kami buruh menuntut kenaikan sekitar 650.000 yang berdasarkan perhitungan dari KHL (Kebutuhan Hidup Layak ) yang diatur di UU No 13 Tahun 2003,” katanya.

“Kami Buruh Batam juga menolak UWTO karena sampai 30 tahun pun memiliki Rumah tapi tidak mempunyai Hak Milik sekaligus juga menolak rencana PLN yang akan kembali menaikan Tarif Dasar Listrik ,sehingga dari semua kebijakan Pemerintah ini membuat daya beli masyarakat menurun dan juga menurun Inflasi,” sambung dia.

Sekitar jam 14:00 Perwakilan Buruh diterima Oleh Wakil Walikota Amsakar Achmat dan setelah diterima di Ruang Kerjanya, Wakil Walikota tersebut bersedia menyampaikan hasil pertemuan tersebut di Mobil Komando Buruh.

“Kami Pemerintah Kota mengapresiasi unjuk rasa kali ini dilakukan cukup tertib, dan kami Pemerintah siap menyurati Pemerintah Pusat terkait Penolakan Buruh terhadap PP 78/2015 dan juga terkait Pembentukan Asosiasi Pengusaha Sektor itu ada kewenangan Pemerjntah Provinsi (Gubernur), dan juga saya sampaikan juga terkait sembako murah yang mana tahun 2017 sudah 300.000 Paket Sembako murah dan terus ditingkatkan Paket Sembako murah ini tahun 2018 ” ujar Amsakar Achmad di atas mobil Komando .

Pada kesempatan tersebut juga Pimpinan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Bung Alfitoni Ketua Konsulat Cabang FSPMI Batam mengatakan “Terimakasih atas diterimanya kami oleh Bapak Wakil Walikota dan menerima Aspirasi kami ,semua itu akan kami kawal dan tunggu realisasi nya”.

Pada saat Aksi Unjuk Rasa ini dilaksanakan di bawah Guyuran Hujan tetapi tidak menyurutkan semangat mereka sambil mendengerkan Lagu-Lagu Perjuangan.

Tepat Jam 16:00 setelah Wakil walikota Batam kembali masuk ke Gedung Walikota, bersamaan Korlap Aksi Suprapto mengakhiri dan membubarkan Massa Aksi sekalgus ditutup dengan Doa. (Guzchan/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password