Babi Berbulu Domba

Kastra.co – Pernahkah Anda melihat babi berbulu layaknya domba? Ada loh, jenis babi ini.

Nah binatang ini disebut Mangalitsa atau juga dikenal sebagai Mangalica merupakan salah satu ras babi paling langka di dunia yang berasal dari Hungaria.

Babi ras ini mengalami pertumbuhan rambut yang tidak biasa alias unik. Bulu mangalitsa bisa berwarna hitam atau merah, tetapi yang paling umum ditemui adalah yang berwarna pirang, seperti orang ras eropa yang berambut pirang.

Foto: Ist

Mangalica sendiri diketahui pertama kali dikembangbiakkan pada sekitar tahun 1830-an pada masa Kekaisaran Austro-Hungaria. Saat itu Archduke Joseph Anton Johann, anak ketujuh dari Kaisar Romawi Leopold II, menerima hadiah babi Sumadija dari seorang pangeran Serbia, babi-babi itu kemudian dikimpoikan dengan babi lain dari jenis Bakony dan Szalonta. Dari situlah babi mangalica ini berasal dan menjadi babi yang unik di dunia.

Apa Itu Mangalica

Mangalica tidak butuh perawatan khusus dan ras babi ini sangat mudah besar, namun entah apa yang membuat hewan ini menjadi langka, mungkin saja tak bisa dikembang biakkan di suhu yang tidak dingin.

Apa Itu Mangalica
Bahkan upaya perkembangbiakan dari ambang kepunahan juga dilakukan secara genetika hewan oleh Peter Toth.

Setelah jatuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989, ia melanjutkan misi untuk menyelamatkan Mangalica, membeli babi terakhir langsung dari penjagalan.

Sekarang, sebagai Presiden Asosiasi Peternak Mangalica, ia telah jatuh cinta dengan usahanya dan mengawasi produksi 20.000 babi, yang akhirnya spesies yang hampir punah ini dapat kembali berkembang. Serta Mangalica saat ini terkenal sebagai “sapi Kobe dunia babi” dagingnya pun banyak disajikan di restoran Michelin-starred diseluruh dunia.

13-11-53-9235218_20180402073113-600x450

Untuk mengatasi terjadinya kepunahan program untuk mengembangbiakkan mangalica mulai tersebar saat ini bahkan ke banyak negara diantaranya ada di Austria, Jerman, Switzerland, Serbia, Montenegro, Romania. Kemudia babi-babi mangalica ini diekspor ke Ukraine, Slovakia, Poland, Jerman, Switzerland, Spanyol, Rusia, Inggris, Finlandia, Canada, Amerika, Japan, baik untuk di konsumsi maupun di ternakan.

Jadi, babi berbulu domba ini fakta nyata, yang fiktif hanyalah serigala berbulu domba ya kawan, bagaimana menurut kalian monggo ngopi dulu. (KbN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here