Kuburan Massal Bangsa Viking dengan Kepala Terpenggal Ditemukan

Kastra.co – Siapa yang tidak kenal bangsa viking? bangsa yang dulu termasuk bangsa yang cukup ditakuti di dataran Eropa 

Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang rata-rata mereka berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak (seringkali setelah gagal berniaga).

Di antara tahun 800 dan 1050 mereka mulai menjarah, menduduki dan berdagang di sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara, serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel.

Mereka memanggil diri mereka sebagai Norsemen (orang utara).

Sebutan Viking secara luas dapat pula digunakan untuk menyebut seluruh populasi Skandinavia pada Abad Viking beserta perkampungan-perkampungan sebarannya.

Sebagai contoh, para pedagang dan perompak pada masa tersebut yang berasal dari pantai timur Laut Baltik dalam saga Islandia mula-mula disebut sebagai Vikinger fra Estland atau dalam bahasa Norwegia ialah Viking Estonia.

Penjelajahan Viking ini jumlahnya semakin berkurang dan akhirnya berhenti selama proses Kristenisasi Skandinavia yang berlangsung secara bertahap. 

Nah, baru-baru ini lima puluh kerangka dari para laki-laki muda telah ditemukan di lubang pemakaman massal disebuah lahan yang diduga adalah kerangka dari para Viking.

Sekitar 50 kerangka itu ditemukan di lubang tambang tua di Ridgeway Hill,di Dorset,saat pembangunan pelebaran jalan Weymouth.

Prises evakuasi kuburan massal bangsa Viking dengan kepala terpenggal (ist)
Prises evakuasi kuburan massal bangsa Viking dengan kepala terpenggal (ist)

Semua kerangka tersebut dalam kondisi telah dipenggal kepalanya, tubuh mereka dibuang ke kuburan dangkal dengan kepala tertumpuk ke satu sisi. 

Orang-orang yang malang ini dianggap telah dieksekusi di atas lubang kuburan yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan pakaian mereka dilucuti, dengan kondisi tangan yang terikat, lengan dan tengkorak terlihat bekas luka yang cukup besar menunjukan kalo korban ini meninggal dengan cara yang tersiksa 

Kuburan massal dari 54 kerangka dan 51 kepala pria Skandinavia yang dieksekusi dicurigai dengan waktu antara 910 dan 1030 AD.

Tulang kerangka ini diyakini adalah bangsa viking yang dieksekusi oleh Anglo-Saxon lokal.

Kerangka dalam kondisi terpenggal ini ditemukan oleh arkeolog, dan identitas dan perkiraan usia mereka kemudian dikonfirmasi oleh analisis forensik.

Meskipun keadaan langsung kematian tidak diketahui secara pasti, tapi banyak pengamat yakin peristiwa itu terjadi pada saat konflik antara penduduk asli Anglo-Saxon dengan para penjajah Viking, dan telah diduga juga bahwa Viking telah ditangkap selama penyerbuan ke wilayah Anglo-Saxon di daerah tersebut. (KS) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here