Jusuf Kalla Beri Penghargaan Kepada Kopi Arabika Flores Manggarai

Jusuf Kalla Beri Penghargaan di Hari Kekayaan Intelektual (ist)

Jakarta, Kastra.co – Pada perayaan hari kekayaan intelektual sedunia ke-18 di Istana Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (26/4/2018), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) termasuk daerah, tokoh masyarakat, dan perusahaan mendapat kehormatan dari pemerintah Indonesia.

Pemerintah memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang memiliki peran meningkatkan kekayaan intelektual.

Dilansir Merdeka.com, JK mengingatkan sehari kekayaan intelektual sedunia tersebut harus menghormati kekayaan intelektual masing-masing. Menurut JK, hal itu penting agar memiliki kemauan berinovasi.

“Memperingati hari kekayaan intelektual ke-18 hari ini adalah tentunya untuk memberikan kepada kita bahwa kita harus menghormati kekayaan intelektual yang dimiliki masing-masing penemuan, paten harus kita hormati agar orang masyarakat mempunyai suatu kemauan yang besar,” kata JK.

Dengan menghormati kekayaan intelektual, kemajuan suatu inovasi akan berjalan semakin cepat. JK juga menjelaskan peringatan Hari Kekayaan Intelektual adalah hal yang penting.

Tidak hanya JK, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly menjelaskan, Indonesia sebagai negara yang besar bisa memperoleh keuntungan jika masyarakatnya produktif. Dengan memiliki inovasi yang berkembang, Indonesia juga dapat sejahtera.

“Menciptakan sumber daya manusia yang kreatif merupakan tantangan kita ke depan. Banyak potensi penduduk yang inovatif yang dapat dikembangkan demi kesejahteraan negara,” kata Yasonna.

Berikut yang menerima penghargaan dari pemerintah di hari kekayaan intelektual sedunia ke-18 :

1. WIPO Medal for Inventors, diberikan kepada Raymond Rubianto Tjandrawinata, Ph.D., M.S., MBA. Seorang inventor yang sebagian besar meneliti dan mengembangkan obat-obatan yang berbasis sumber daya alam indonesia, seperti tanaman herbal, hewan dan tanah. Paten yang dihasilkan sudah banyak terdaftar di beberapa negara termasuk di Indonesia.

2. WIPO Medal for Creativity, diberikan kepada Dwiki Dharmawan. Seorang tokoh musik dengan dedikasi yang sangat tinggi dan aktif dalam upaya penegakan hukum HKI khususnya di bidang musik sebagai Ketua Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Hak Terkait yaitu PAPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu & Pemusik Indonesia) dan ketua AMI (Anugerah Musik Indonesia).

3. WIPO IP Enterprise Trophy, diberikan kepada PT PERTAMINA (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sangat mendukung para pekerjanya untuk menjadi innovator dan mengembangkan invensi, Pertamina telah mengajukan 41 Paten di DJKI, dari inovasi-inovasi ini Pertamina telah diakui dalam forum inovasi Internasional dan meraih beberapa penghargaan.

4. WIPO Schoolchildrens Trophy, diberikan kepada Muhammad Farid Husein. Siswa SMAN 1 Ponorogo ini menjadi pemenang dalam lomba desain medali untuk Youth Olympic 2018 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 di Argentina dan mengalahkan 300 peserta lainnya dari seluruh dunia.

5. ANUGERAH NASIONAL KI untuk Kategori Siswa Inovatif dan Kreatif di bidang Hak Cipta dan Hak Terkait, diberikan kepada Marvel Gracia. Sejak usia empat tahun sampai saat ini, usainya 11 Tahun sudah banyak menciptakan prestasi dibidang tari dan mendapatkan anugerah nasional maupun internasional.

6. Pendaftaran Pertama Permohonan Merek Internasional melalui Madrid Protocol diberikan kepada PT. INDAH GOLDEN SIGNATURE.

7. Insan Seni Sadar KI diberikan kepada ROSSA.

8. Industri dengan Inovasi berbasis bahan alam Indonesia diberikan kepada PT. MARTINA BERTO.

9. Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis: Beras Raja Uncak (Kab. Kapuas Hulu, Provinsi Kalimatan Barat), Kopi Lintong (Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara), dan Kopi Arabica Flores Manggarai (Kab. Manggarai, Flores, Provinsi NTT). (KS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here