Debat Putaran Pertama Pilkada Nagekeo Masih Bahas Persoalan Lama

NAGEKEO, Kastra.co – Debat terbuka pasangan calon Bupati dan wakil bupati Nagekeo 2018 resmi telah diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Nagekeo di Aula Sekda Nagekeo, minggu) 20/05/2018).

Debat yang dipandu oleh presenter Chacha Anisa beserta tiga panelis itu mempertemukan 5 pasangan calon Bupati dan wakil bupati Nagekeo untuk saling beradu program kerja bila dipercaya memimpin Kabupaten Nagekeo selama 5 Tahun ke depan.

Kelima paket tersebut yakni paket Nomor urut 1, Paskalis MB Ledo Bude dan Oskarianus Meta, Paket nomor urut 2, dr Yohanes Don Bosko Do dan Marianus Waja, Paket nomor urut 3, Elias Djo dan Servasius Podhi Paket nomor urut 4, Gaspar Batu Bata dan Adrianus Ndait
paket nomor urut 5, Paulinus Yohanes Nuwa Veto dan Marselinus F Adjo Bupu.
Mereka beradu menciptakan terobosan atas persoalan yang selama ini mendera Kabupaten Nagekeo.

Dari daftar pertanyaan, persoalan Kabupaten Nagekeo masih seputar pada persoalan lama yakni masalah tanah, buruknya sarana infrastruktur, lapangan pekerjaan, persoalan pelayanan kesehatan serta buruknya tata kelolah birokrasi.

Persoalan Kabupaten Nagekeo yang diangkat dalam debat itu seolah menjadi indikator bahwa Bupati dan Wakil bupati terdahulu lalai dalam mengelolah potensi – potensi daerah.

Dominasi pembahasan dalam debat itu masih sebatas membahas warisan persoalan lama yang tidak diselesaikan oleh Bupati dan Wakil bupati Nagekeo terdahulu.

Di bidang pelayanan kesehatan misalnya, Paket nomor urut satu menyoroti tentang kekurangan dokter umum dan dokter spesialis serta status Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nagekeo yang masih berstatus sebagai Rumah Sakit Daerah Type D, sehingga belum menunjukkan progres peningkatan derajat pembangunan kesehatan masyarakat Kabupaten Nagekeo secara umum.

Dari agenda KPU Kabupaten Nagekeo, debat Pilkada Nagekeo 2018 putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 9 juni mendatang. (CBN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here