Golomory Coffee Hadirkan Kopi Manggarai Premium

Ruteng, Kastra.co – Golomory Indonesia -Flores Coffee (Golomory Coffee) terbuat dari biji kopi pilihan dataran tinggi Flores. Proses pascapanen dari pemetikan, fermentasi, penjemuran dan sortirasi yang dikontrol menghasilkan kopi dengan aroma harum dan nikmat khas kopi Manggarai – Flores.

Golomory Coffee dengan cita rasa low acidity spicy, caramel complex, fullbody long after taste menjadi ciri khas kopi yang dikelola oleh Hery Sia Tieng Hui ini.

Kopi yang dipilih untuk diproses berasal dari berbagai daerah yang ada di Manggarai Raya. Ada kopi Colol, Kopi Mukun, Kopi Anam, Kopi, Raong, Kopi beokinia, Kopi Ketang, Kopi Manggarai Barat, dan sebagainya.

Saat ditemui di tempat usahanya di Jalan Lestari, Pitak, Langke Rembong, Kabupaten Manggarai,  Hery menjelaskan secara detail bagaimana cara menghasilkan kopi manggarai dengan cita rasa yang khas. Proses tersebut dimulai sejak pemetikan, fermentasi, penjemuran dan sortirasi.

Kopi yang dijemur di Green House
Kopi yang dijemur di Green House

Ia menjelaskan, sejak diterima dari para petani, terlebih dahulu kopi dipilah berdasarkan jenis dan asal wilayahnya.

Setelah itu, kopi dijemur sekitar dua minggu. Penjemuran kopi bisa dilakukan di matahari langsung dan melalui green house. Setelah dijemur selama dua minggu, kemudian kopi digiling untuk menghasilkan biji terbaik. Setelah itu, kopi diproses menjadi bubuk.

Ada beberapa jenis kopi yang dikelola diantaranya Kopi Yellow Caturra atau kolumbia kuning, Kopi Robusta, Kopi Unggul dan Kopi Juria. Untuk jenis kopi Juria atau ‘kopi raja’ ini  populasinya sudah mulai berkurang.

“Semua kita proses, tidak hanya kopi colol. Semua kita olah dengan  baik,” kata Hery.

Menurut Hery, kualitas kopi manggarai termasuk paling bagus diantara kopi lain di Nusantara. “Nilai kopi kita sudah bagus, sudah mencapai nilai 80. Sudah special,” ungkapnya.

IMG-20180521-WA0180

Ia mengatakan, untuk menghasilkan kopi yang terbaik perlu keseriusan.

“Kita harus punya cara olah yang bagus. Kopi yang dijemur di green house hasilnya lebih bagus, pembentukan rasa lebih bagus daripada kopi yang dijemur di matahari langsung,” ucap dia.

IMG-20180521-WA0160.jpg

Menurut Hery, untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas dibutuhkan keuletan, kesabaran dan ketelitian. Akhir dari semua proses adalah sortirasi.

Dia menjelaskan, tak hanya kopi colol yang dikenal mempunyai cita rasa yang nikmat, semua jenis kopi di Manggarai punya keunggulan masing-masing.

“Kalau kopi manggarai, ada kekhasan seperti mengandung rempah-rempah,” kata Hery.

Pemegang hak merek golomory coffee ini mengatakan, baru mendapatkan izin produksi pada Januari 2016, sehingga baru beroperasi pada Februari 2016.

“Untuk sementara, karena masih pemula maka produksinya masih kecil, dalam sebulan kami memproduksi sekitar 500 kilogram. Sedangkan untuk pemasarannya juga masih sebatas di daratan Flores. Tapi kalau ada pemesanan secara on line dari luar Flores juga tetap kami dilayani,” ungkapnya.

Hery menjelaskan, keunggulan dari Golomory Coffee  adalah dikawal sejak awal proses pascapanen dari pemetikan, fermentasi dan penjemuran serta sortirasi yang dikontrol, sehingga menghasilkan kopi dengan aroma harum dan nikmat khas kopi asli Flores.

“Proses ini untuk memastikan kualitas biji kopi pilihan yang digunakan untuk produksi. Biji kopi yang digunakan yakni jenis arabica dan robusta. Jenis kopi arabica sendiri di dalamnya ada juga variannya seperti zuria, waerebo, colombia yang sering disebut Yellow Caturra,” jelasnya.

Untuk diketahui pada tahun 2015, Kopi Arabika Flores Manggarai ini pernah dinobatkan menjadi Kopi Terbaik Indonesia, dalam  kontes kopi yang digelar Asosiasi Eksportir dan Importir Kopi Indonesia di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada tahun 2018 ini juga, Presiden Jokowi  menyerahkan sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores Manggarai pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18 di Jakarta.

Arabika Flores Manggarai ini memiliki aroma khas saat dihirup, asamnya murni, dan bernuansa lemon. Kini Kopi Flores Manggarai ini bahkan menjadi salah satu kopi premium yang banyak dicari penikmat kopi dunia. (CBN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here