37 Balon DPD RI Lolos Verifikasi Administrasi KPU NTT

Kupang, Kastra.co – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT menetapkan 37 dari 41 balon sebelumnya lolos verifikasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan NTT.

Dilansir dari situs KPU NTT ada empat balon dinyatakan tidak lolos verifikasi administrasi yaitu, Irfan Rondon, Muhammad Sale Gawi,  Ir. Zet Malelak dan Djafar Alhadad.

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, mengatakan, selanjutnya ke-37 bakal calon ini akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni verifikasi faktual.

“Tiga puluh tujuh nama bakal calon anggota DPD NTT akan mengikuti verifikasi faktual yang dilakukan tanggal 30 Mei 2018 yang akan dilakukan oleh KPU kabupaten/kota,” tegas Maryanti.

Lanjutnya, setelah penyerahan berita acara hasil perbaikan, bakal calon DPD yang lolos akan menarik nomor awal sampel untuk kepentingan tahapan verifikasi faktual.

Sementara Komisioner KPU NTT, Gasim, mengatakan, dari dokumen syarat dukungan yang sudah dimasukkan di KPU NTT, dilakukan dua proses penelitian, seperti penelitian administrasi yang puncaknya hari ini, dan yang kedua akan dilakukan verifikasi faktual yang tahapannya akan dilakukan besok tanggal 30 Mei 2018.

Untuk proses verifikasi faktual, kata Gasim, KPU akan secara langsung mendatangi dan menanyakan setiap pendukung bakal calon.

“Jika mereka nyatakan mendukung maka secara otomatis lolos dan jika mengatakan sebaliknya maka akan gugur,” tegas Gasim.

Proses verifikasi faktual tersebut menggunakan metode sampel, yakni 10 persen dari dukungan yang diserahkan kepada KPU.

“Dari 10 persen sampel yang diambil ada mekanismenya. Basis penentuan 10 persen itu adalah kabupaten/kota. Untuk menentukan sampel awal itu nomor berapa di sebuah kabupaten, sampel awal itu kami siapkan angka-angka. Banyaknya angka sesuai dengan angka terakhir dari jumlah dukungan dari kabupaten tersebut. Contohnya, Kota Kupang pendukung bakal calon A jumlahnya 357 kami akan mengambil 10 persen dari jumlah dukungan tersebut, sehingga kami menyediakan angka 1-7, jika menarik angka 3 maka angka awal sampel adalah No 3 dan aplikasi akan menentukan angka selanjutnya,” jelas Gasim.

Dalam acara penyampaian hasil verifikasi tersebut, hadir Ketua KPU NTT, anggota komisioner KPU serta Sekretaris Bawaslu NTT, Jemris Fointuna dan kru, bakal calon DPDT NTT, penghubung dan operator. Juga dilakukan penerikan sampel untuk menetukan nomor awal sampel.

37 Bakal  Calon DPD NTT:

1.     Fransiskus Ramli

2.     Abraham Paul Liyanto

3.     Martinus Siki

4.     Angelus Wake Kako

5.     Flavianus Nesto Embun

6.     Lusia Adinda Dua Nurak

7.     Bernardus Yohanes Raldy Doy

8.     Fransiskus Salem

9.     Abdulah Padang

10. Servatius Lawang

11.Syafrudin Atasoge

12. Hilda Manafe

13. Ir. David Sutarto

14. Jefrianus Bili

15. Yustina Goo

16. Liberius Langsinus

17. Ir. Sarah Lery Mbuik

18. Ronny Nubatonis

19.Dr. Asyera R.A. Wundalero

20. Drs. Yuhidin Umar

21. Antonius F Betan

22.Agustinus Lesek

23.Ir. Karel Jani Mboek

24.Ventje JR. Abanik

25. Marthinus J.E Medah

26. Drs. Pramodhana Purnalaksita

27. Dr. Hyron Fernandes

28. Jmmy W.B Sianto

29. Dr. Yustina Ndung

30. Yerimias Ndoen

31. ALEKSIUS A. Jaya

32 Dr. Phil Norbertus Jegalus

33. Johanes F. Riberu

34. Martinus Suwardi Mantro

35. Yakob Babo

36. Djata Dominikus

37. Kornelis Soi. (KS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here