Kemenkeu: APBN 2019 Bukan Cuman Pajak tapi Berasal dari Cukai

JakartaKabarnusantara.net – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mengungkapkan selain dari pajak, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 berasal dari cukai.

Hal ini diungkapkan Kemenkeu dalam press releasenya dilansir Instagram resmi @kemenkeuri, Rabu (13/3).

Menurut Kemenkeu, pendapatan di bidang cukai diperkirakan akan mencapai Rp165.501,0 miliar, terdiri atas cukai hasil tembakau (HT), cukai ethil alkohol (EA), cukai minuman mengandung ethil alkohol (MMEA), denda administrasi cukai, dan cukai lainnya.

“Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya karena terus dilanjutkannya program penertiban rokok ilegal serta adanya rencana penambahan jenis Barang Kena Cukai (BKC),” terang press release Kemenkeu.

Kemenkeu juga mengatakan cukai di Indonesia harus terus diarahkan untuk mengendalikan konsumsi serta mengurangi dampak negatif dari BKC tadi.

Untuk diketahui, berdasarkan peraturan baru kebijakan tarif cukai 2019 yang dikeluarkan Kemenkeu, kebijakan tarif cukai Hasil Tembakau (HT) tahun 2018 masih tetap dilanjutkan pada tahun 2019 dengan menetapkan kebijakan cukai HT tahun 2019.

Untuk kebijakan tarif cukai MMEA dan KMEA, yaitu tarif Cukai Etil Alkohol, Minuman yang Mengandung Etil Alkohol, dan Konsentrat yang mengandung Etil Alkohol berlaku mulai 1 Januari 2019. Penyesuaian tarif cukai dalam PMK 158/2018 hanya dilakukan pada MMEA golongan A (kadar alkohol sampai dengan 5%) baik dalam negeri maupun impor sebesar 15%. (CBN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here