Respon Instagram dan Facebook Terkait Down di Beberapa Negara.

Kabarnusantara.net – Facebook, Instagram dan WhatsApp masih mengalami gangguan (down) di beberapa negara. Meski sudah bisa membuka Facebook dan Instagram, sejumlah pengguna masih mengeluhkan masalah dalam pengiriman pesan melalui messenger, memposting di Facebook, dan mengakses fitur lain di Facebook.com, Instagram dan Whastapp. Bahkan, Oculus VR milik Facebook juga mengalami masalah.

Dikutip dari www.theverge.com, Rabu (13/3/2019) pukul 6.58 pm waktu setempat, pengguna WhatsApp di Paraguay, India, Bangladesh, Argentina dan sejumlah negara lainnya mulai kesulitan mengirim pesan di sore hari. DownDetector menunjukkan Brasil menjadi negara yang terdampak paling parah

Tim The Verge juga menemukan Messenger tidak berfungsi. Instagram juga tidak dapat memuat postingan di timeline, Instagram Story ataupun direct message. Bagian iklan Facebook juga tidak berfungsi.

Facebook merespons hal tersebut melalui Twitter sekitar satu jam setelah pengguna media sosial menyadari adanya kesalahan. Facebook mencatat bahwa “masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS.” Begitu pula Instagram yang menyadari adanya gangguan.

“Kami menyadari masalah yang memengaruhi akses orang ke Instagram sekarang. Kami tahu ini membuat frustrasi, dan tim kami bekerja keras untuk menyelesaikan ASAP (as soon as possible)” kata pihak Instagram melalui Twitter.

Menurut DownDetector, gangguan terutama terjadi di New England, Texas, Seattle, Washington, Amerika Latin, termasuk Peru, Inggris, India dan Filipina. Hal serupa juga dirasakan pengguna di Kanada, Las Vegas dan Turki.

Oculus, platform penjual game asal Amerika Serikat (AS), juga mengalami gangguan. Salah seorang pengguna mengaku kepada The Verge bahwa ia tidak bisa masuk ke game multiplayer apapun yang dibeli melalui toko Oculus.

Pengguna sosial media lainnya juga mengaku tidak bisa menggunakan Facebook untuk masuk ke akun Tinder atau Spotify. Bila dicoba maka akan disebutkan bahwa fitur tidak tersedia saat ini. Jika sudah otomatis masuk ke akun Spotify maka login pengguna masih valid, tapi begitu keluar, pengguna tidak akan bisa masuk lagi. (CBN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here