ITL Trisakti Siapkan SDM Hadapi Industri 4.0

Jakarta, Kabarnusantara.net – Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Kelautan bertempat di Auditorium ITL Trisakti, Jakarta pada Rabu (20/03/2019).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalies ke-49 ITL Trisakti dengan tema “Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Nasional Untuk Menghadapi Industri 4.0”.

Narasumber dari Kemenristek Dikti menyampaikan bahwa persaingan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini sangat ketat. Karena itu, negara sedang mempersiapkan SDM yang berkualitas.

“Program negara sekarang mulai tahun 2019 ini bagaimana supaya SDM kita bisa berkompetisi dengan negara-negara lain,” kata Prof. Dr. Ali Mukti M.Sc., Ph.D kepada wartawan.

Menurut dia, salah satu perguruan tinggi yang fokus mempersiapkan SDM adalah ITL Trisakti.

“ITL Trisakti ini sangat pas untuk dikembangkan ke depan. Saya kira banyak dosen praktisi disini akan menyiapkan mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja,” ujarnya.

Ia mengatakan, dosen yang berlatar belakang praktisi di ITL trisakti akan memberikan nilai lebih untuk para mahasiswa sehingga mereka mampu bersaing di dunia real.

“Saya yakin, kita memiliki kompeten, memiliki SDM yang memadai, memiliki semangat yg tinggi. Saya kira, ITL akan berperan besar dalam hal ini,” tegasnya.

ITL Siap Hadapi Industri 4.0

Institut Transportasi dan Logistik Trisakti adalah salah satu perguruan tinggi yang siap menghadapi industri 4.0.

“Dalam menghadapi industri 4.0, saya yakin ITL Trisakti sudah memiliki pengetahuan dan skill. Yang penting adalah bagaimana kita bisa membuat mentality petarung. Kita harus memiliki fighting spirit. Kita harus mampu memenangkan persaingan. Itu yang harus dicapai oleh ITL Trisakti,” katanya memberi semangat.

Sementara itu, Ketua Yayasan ITL Trisakti mengatakan untuk terus mengembangkan SDM mahasiswa.

“Kita mendorong mahasiswa agar terus mengadakan kajian-kajian terkait perhubungan laut agar kita tidak tertinggal jauh dengan negara-negara lain. SDM sangat diperlukan agar bisa bersaing dan berkompetensi,” ujar Ketua Yayasan Trisakti, Dr Bimo Prakoso. (CBN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here