Beranda Nasional Dharma Wanita Persatuan Dorong Perempuan Berperan dalam Politik Pembangunan Bangsa

Dharma Wanita Persatuan Dorong Perempuan Berperan dalam Politik Pembangunan Bangsa

0

Jakarta – Dharma Wanita Persatuan (DPW) kembali menyelenggarakan seminar Nasional, Kamis – Jumat (4-5) Oktober 2018 di Hotel Sahid, Sudirman Jakarta. Seminar Nasional kali ini dihadiri sekitar 1.500 orang yang terdiri dari Pengurus dan Anggota DWP Instansi Pemerintah Pusat, Pengurus dan Anggota DWP Provinsi, Pengurus dan Anggota DWP Kabupaten/Kota dan masyarakat umum.

Seminar Nasional ini mengangkat tema “Perempuan Berkualitas Pelaku Politik Pembangunan yang Cerdas”.

Sebagai bentuk komitmen Dharma Wanita Persatuan (DWP) terhadap Visi dan Misinya untuk menjadi organisasi isteri pegawai ASN yang profesional, Dharma Wanita Persatuan dituntut agar senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya secara berkelanjutan dengan memperhatikan tantangan perkembangan secara global.

Salah satu tantangan yang sesuai dengan perkembangan dalam kegiatan bernegara adalah bahwa perempuan sangat diharapkan untuk mempunyai peran dalam politik pembangunan bangsa. Yaitu suatu peran dalam sebuah upaya, langkah atau strategi yang dilaksanakan oleh suatu bangsa guna mewujudkan cita-cita yang ingin diraihnya.

Dengar adanya tuntutan peran strategis perempuan tersebut, Dharma Wanita Persatuan senantiasa berupaya untuk mensinergikan program kerjanya yang telah tertuang dalam Renstra DPW yang merupakan hasil Munas DWP 2014, sejalan dengan Program pembangunan berkelanjutan dengan tujuan dan target yang terukur untuk mencapai kesejahteraan manusia.

Untuk itu, kualitas sumber daya manusia Dharma Wanita Persatuan harus senantiasa ditingkatkan dengan melalui pelatihan-pelatihan, edukasi dan capasity building di setiap segi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya. Karena perempuan yang berkualitas dan cerdas akan mempercepat tercapainya perubahan sosial yang akhirnya akan mampu mempercepat tercapai target tujuan DWP sebagai Center of Excellence.

Seminar Nasional DPW 2018 diperuntukkan bagi para anggota dan Pengurus DPW di Pusat (DPW IPP) maupun DWP di daerah (DPW tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota) serta masyarakat umum. Dengan tujuan agar seluruh Pengurus DWP maupun anggotanya memiliki keseragaman dalam pemahaman terhadap segala aspek guna menjaga dan meningkatkan kualitas diri secara konsisten dan berkesinambungan pada semua tingkatan secara nasional.

Maksud dan tujuan diselenggarakan Seminar Nasional 2018 ini adalah memberikan wahana edukasi dan informasi kepada kaum perempuan khususnya isteri pegawai ASN dari seluruh Unsur Pelaksana DWP dan memotivasi dan meningkatkan pemahaman kaum perempuan khusus isteri pegawai ASN agar senantiasa menjaga kualitas diri, baik secara fisik, mental, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu berperan secara aktif dan handal dalam kiprahnya sebagai pelaku politik pembangunan bangsa.

Seminar Nasional ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Prof. Yohana Yambise.

Dalam sambutannya, Menteri Yohan menekankan pentingnya para perempuan meningkatkan kualitas diri.

“Perempuan harus punya semangat, bahwa perempuan punya jati diri. Sudah saatnya perempuan menunjukkan kualitasnya,” tegas Menteri asal Papua ini.

Karena itu, kata dia, sudah saatnya juga laki-laki memberikan waktu kepada perempuan.

“Kita selamatkan perempuan maka kita selamatkan bangsa ini ke depan,” kata Menteri Yohana di depan ribuan perempuan yang hadir.

Ia juga berharap perempuan berpartisipasi aktif dalam politik, khususnya di bidang legislatif.

“Saat ini partisipasi perempuan di dalam politik masih rendah. Semoga tahun depan kita naik jadi 30 persen di legislatif,” kata dia memberi semangat.

Berbagai narasumber yang diundang diantaranya adalah Puan Maharani (Menko PMK), Sri Mulyani Indrawati, SE., M.Sc.,Ph.D (Menteri Keuangan), Bambang Brodjonegoro, SE.,M.UP.,Ph.D (Pembangunan Ekonomi Keluarga) dan narasumber berkompeten lainnya. (HWL)