breaking news New

BI: Ekonomi Indonesia akan Tumbuh 5,1% Tahun 2018

Bagikan

Jakarta, Kabarnusantara.net-Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,1% pada Tahun 2018.

“Kami memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sekitar 5,1% tahun ini, angka ini lebih baik dibandingkan pertumbuhan negara lain,” kata Agus, dalam acara pertemuan tahunan BI, di JCC, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

‎‎BI memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 berada di kisaran 5,1 persen-5,5 persen. Pertumbuhan ini akan lebih baik dibandingkan tahun ini. Untuk inflasi, 3 persen plus minus 1 persen serta defisit neraca transaksi berjalan berada di bawah 3 persen.

“Pertumbuhan ekonomi di 2018 berada di rentang Rp 5,1 persen-5,5 persen. Dengan permintaan domestik sebagai motor utamanya. Adapun, pertumbuhan kredit sebesar 10 persen-12 persen dan pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 9 persen-11 persen,” kata dia.

Pada 2022, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi mencapai 5,8 persen-6,2 persen. Meski terlihat tinggi, namun BI optimistis pertumbuhan ekonomi akan tercapai.

Agus menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tersebut masih ditopang oleh permintaan domestik. “Dengan percepatan reformasi struktural perekonomian bisa tumbuh tinggi tanpa ganggu stabilitas sistem keuangan,” kata Agus.

Tahun depan inflasi ditargetkan bisa tumbuh 3,5% plus minus 1%. Kemudian pertumbuhan kredit perbankan bisa tumbuh 10%-12%. Sementara dana pihak ketiga (DPK) perbankan tahun depan diperkirakan tumbuh 9%-11%. Kemudian defisit neraca berjalan atau current account deficit (CAD) diprediksi berada di bawah 3% dari PDB.(KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password