Beranda News Gubernur DKI Jakarta Rebranding Ok Otrib Menjadi Jak Lingko

Gubernur DKI Jakarta Rebranding Ok Otrib Menjadi Jak Lingko

0

Jakarta, kabarnusantara.Net- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan rebranding program OK Otrip dengan menggantikanny dengan nama baru Jak Lingko .  Nama Lingko dipilih  dengan alasan pemaknaan kata lingko yang mencerminkan moda transportasi terintegrasi di Ibu Kota. Makna Lingko berarti tersambungkan.

Pengumuman nama baru tersebut diumumkan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018). Sebelas operator angkutan ikut hadir dalam peresmian nama baru tersebut.

Anis menilai OK Otrip tidak memiliki makna spesifik seperti program OK OC. Ok OC hanya sebatas pelafalan saja dan kemudian menjadi popular.

“OK OCE memang ada maknanya. Itu adalah One Kecamatan One Center for Entrepreneurship. Tapi kalau  OK Otrip tidak ada, ya kemudahan ngomong saja. Karena itu, saya sampaikan, kita cari nama. Dan pilihannya setelah riset sana-sini, pada ‘lingko’,” kata Anies kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut Anis menjelakan Jak Lingko merupakan nama yang diambil dari kosakata bahasa Indonesia yang baru dimasukkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pada Oktober 2018. Menurutnya, nama tersebut mencerminkan identitas bangsa Indonesia.

kata Lingko diambil dari jenis pengelolaan sawah di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Salah satunya adalah bentuk sawah Spider yang popular sebagai salahsatu destinasi wisata di daerah Cancar Manggarai-Flores.

“Kita ingin nama sistem transportasi massal terintegrasi mencerminkan maknanya,” ujar Anies. (KbN