Beranda Olahraga Hendak Beruji Coba tak Bawa Paspor, 28 Atlet Voli Indonesia Dideportasi dari...

Hendak Beruji Coba tak Bawa Paspor, 28 Atlet Voli Indonesia Dideportasi dari Malaysia

0

Kabarnusantara.net – Sebanyak 28 pebola voli amatir Indonesia yang ditangkap Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) di sekitar perairan Wallace Bay, Malaysia, dipulangkan hari ini Selasa (27/3).

Para atlet yang tergabung dalam anggota klub olahraga Tagun Taka itu ditangkap saat hendak menyeberang untuk beruji coba di Kalabakan Malaysia pada 15-17 Maret.

“Kami memang mengupayakan hari ini (26/3) pemulangannya. Namun terkendala masalah administrasi dan teknis lain sehingga baru memungkinkan dipulangkan besok (27/3),” kata Konsul RI di Tawau Sulistijo Djati Ismojo kemarin, dikutip dari Radar Tarakan, Selasa (27/3).

Sulistijo mengatakan, sebagian besar dari atlet tersebut belum pernah menyeberang ke Tawau. Sehingga mereka tidak paham prosedur yang harus dilalui untuk melintasi batas negara.

Di sisi lain, lanjut Sulistijo, ada pihak-pihak yang meyakinkan mereka bahwa menyeberang tanpa dokumen tidak akan menimbulkan masalah.

“Meskipun mereka mendapat undangan, tidak berarti bisa masuk tanpa dokumen. Mestinya pakai paspor atau pos lintas batas karena mereka warga Nunukan,” tutur Sulistijo.

Pada 23 Maret lalu, pengadilan setempat memutuskan 28 atlet yang telah ditahan selama sembilan hari itu untuk dideportasi. Sulistijo memastikan bahwa para atlet tersebut tidak akan masuk daftar hitam. Sehingga, jika mereka ingin masuk kembali ke Malaysia, tidak akan ada masalah.

“Tapi tentu harus dengan dokumen resminya. Paspor,” kata Sulistijo.

Saat ini, para atlet tersebut berada di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Tawau sambil menunggu administrasi selesai dan kembali ke Indonesia. Sulistijo mengatakan, biaya pemulangan para atlet tersebut akan ditanggung oleh pihak pengundang di Kalabakan. (KbN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here