breaking news New

Hati hati Ladies! Ini 5 Tanda, Pacar Kamu Termasuk Sosiopat

Bagikan

Jakarta, Kabarnusantara.net-Kamu pernah dengar istilah sosiopat, Kastraners? Di dunia ini ternyata ada loh orang yang tidak peduli soal cinta dan kasih sayang. Hal yang mereka pedulikan hanya kekuatan, kontrol, dan seks. Orang-orang seperti ini dinamakan sosiopat. Berbeda dengan psikopat, sosiopat sadar melakukan perilaku buruk ke orang lain, meski tidak selalu membunuh.

Sosiopat adalah suatu kondisi gangguan kepribadian yang mengacu pada perilaku dan pola pikir antisosial. Secara medis, seorang sosiopat (atau antisosial) memiliki pola perilaku yang eksploitatif, penuh tipu muslihat, mengabaikan hukum, melanggar hak orang lain, serta kasar (cenderung kriminal), tanpa motif yang jelas atau logis. Dan lebih sering daripada tidak, semua tindak-tanduk dan pemikirannya tidak bisa diprediksi.

Seorang sosiopat memiliki hati nurani yang cacat. Ia bisa membedakan mana yang benar dan salah, tapi memilih untuk mengabaikannya. Joseph Newman berpendapat bahwa sosiopat memiliki hambatan perhatian yang memungkinkan dia untuk fokus hanya pada satu kegiatan atau pemikiran, dengan mengesampingkan orang lain. Sementara itu, peneliti lain, termasuk Howard Kamler, mengatakan bahwa sosiopat tidak kekurangan “kompas” moral melainkan justru tidak memiliki identitas diri sama sekali. Ada lebih banyak sosiopat laki-laki di dunia ini dibandingkan dengan perempuan. Yuk kenali ciri-cirinya sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius! Dilansir dari popbela.com , ada 5 tanda pacar kamu termasuk seorang sosiopat.

1. Kurang empati

Mereka tidak benar-benar memiliki batin emosional seperti kebanyakan orang. Hal ini mungkin karena mereka tidak bisa membayangkan atau merasakan dunia emosional orang lain. Ini sesuatu yang asing bagi mereka sehingga pasangan kamu tidak memiliki emosional batin yang baik, tidak peka atau kurang empati pada setiap permasalahan kamu maupun orang lain.

2. Memiliki ego yang besar

The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-V) mencatat bahwa sosiopat memiliki rasa ego yang besar. Serang psikolog klinis di L.A. County Department of Mental Health, Dr. Seth Meyers, mencatat bahwa mereka adalah narsisis yang ekstrim dengan rasa hak yang besar. Mereka juga cenderung untuk menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri.

3. Karismatik, sangat cerdas, tapi manipulatif

Sosiopat adalah seorang pendusta, entah itu tujuannya untuk menggolkan misinya atau untuk sekadar bersenang-senang mempermainkan orang lain. Seorang sosiopat cenderung menampilkan emosi datar dan tenang, sangat jarang menampilkan kegugupan atau kecemasan. Atau justru sebaliknya, ia bisa menampilkan respon emosional yang tidak sesuai dengan sikon yang dihadapi karena ia memiliki toleransi rendah terhadap pemicu stres dan frustrasi.
Dan karena kecenderungan manipulatif ini, akan sulit bagi orang awam untuk bisa membedakan mana yang jujur atau tidak dari setiap perkataan mereka. Atau bahkan, tidak ada yang pernah bisa mengetahui bahwa mereka memiliki gangguan kepribadian.

4. Kurangnya rasa penyesalan

Gangguan kepribadian antisosial menunjukkan bahwa sosiopat memiliki kekurangan rasa penyesalan, rasa bersalah, atau rasa malu.

5. Sikapnya berubah ubah

Kepribadiannya selalu berubah-ubah dengan cepat. Satu waktu dia memperhatikan kita sampai kita merasa jadi orang spesial, tapi di lain waktu dia berubah menjadi orang yang membenci kita.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password