Korupsi

KPK Lakukan OTT Wali Kota Cilegon Terkait Perizinan Kawasan Industri

Jakarta, Kabarnusantara.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Cilegon, Banten. Pada OTT yang menjerat Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi (TIA), KPK mengamankan uang tunai sejumlah Rp 1,152 miliar.

Uang tersebut ditemukan ketika KPK mengamankan YA (CEO Cilegon United Football Club) di kantor Bank BJB Cilegon sesaat setelah ia melakukan penarikan uang sejumlah Rp 800 juta. Selain itu, KPK juga mendatangi kantor Cilegon United Football Club dan mengamankan uang sejumlah Rp 352 juta.

“Uang Rp 352 juta tersebut diduga sisa dana pemberian pertama yang ditransfer dari PT. KIEC kepada Cilegon United Football Club sebesar Rp 700 juta. Penerimaan melalui transfer pada hari Rabu, 19 September 2107,” terang Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Sabtu (23/9).

Basaria juga mengatakan, uang tersebut merupakan bagian dari komitmen senilai Rp 1,5 miliar yang diduga diberikan untuk Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi melalui transfer dari PT KIEC dan PT BA melalui Cilegon United Football Club agar dikeluarkan perizinan untuk pembangunan Transmart.

Ia juga menuturkan bahea pemberian dilakukan dalam dua kali transfer pada 19 September 2017 dari PT KIEC kepada rekening Cilegon United Football Club senilai Rp 700 juta.

Lalu 22 September 2017 dari kontraktor PT BA kepada Cilegon United Football Club sebesar Rp 800 juta, sesuai kesepakatan 1,5 miliar untuk pengurusan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). (Tika/KbN) 

Read More
News

Situs Nikahsirri.com, Bisa Jadi Sarana Prostitusi Terselubung Berkedok Agama

Kabarnusantara.net – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecam keberadaan situs website nikahsirri.com. Khofifah yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama itu menganggap situs nikahsirri.com berpotensi menjadi praktik pelacuran terselubung dengan modus agama.

“Nikah siri kok dijadikan komoditas. Apalagi di dalam situs tersebut terang-terangan menyebutkan lelang keperawanan yang dipromosikan secara online,” ungkap Khofifah disela-sela pencairan PKH di Kabupaten Kebumen, dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9).

Menurut Khofifah, nikah siri jelas-jelas bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa setiap perkawinan harus dicatat negara.

“Nikah di bawah tangan atau nikah siri adalah pernikahan yang dilakukan di luar pengawasan petugas pencatat nikah dan sudah pasti tidak tercatat di KUA,” tegasnya.

Khofifah menerangkan pernikahan merupakan hal yang sakral untuk membina hubungan yang bahagia. Karenanya, kata Khofifah, perlu dilakukan dengan cara-cara yang baik. Selain itu dalam nikah siri, Khofifah melihat adanya potensi perbuatan-perbuatan melawan hukum seperti melegalkan perzinahan, selingkuh, hingga poligami.

Menurutnya nikah siri meletakkan perempuan dalam posisi yang sangat lemah. Perempuan yang dinikahi secara siri, menurut Khofifah, rentan mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual.

Khofifah mengaku heran dengan kehadiran situs tersebut. Di laman beranda disebutkan bahwa program nikah siri bisa membuat sebuah keluarga miskin mendapatkan pemasukan finansial yang cukup besar untuk modal usaha. Modal tersebut, seperti ditulis dalam situs, dianggap akan menciptakan banyak pengusaha UMKM yang baru, yang tidak hanya membuka lowongan pekerjaan, tapi juga mempercepat roda perekonomian nasional.

“Menikah bukan untuk mencari keuntungan, apalagi di situs tersebut ditulis bahwa nikah siri dan lelang keperawanan adalah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan. Nikah untuk mencari ketenangan dan ketenteraman,” tegas Khofifah.

Khofifah mengungkapkan, pelacuran selain merendahkan martabat kaum perempuan, juga akan menimbulkan rentetan permasalahan lain yang juga cukup pelik. Mulai dari perdagangan orang, penyakit kelgamin HIV/AIDS, perceraian, anak terlantar, dan lain sebagainya.

“Bukannya menjadikan Indonesia sejahtera. Sebaliknya semakin membuat kehidupan masyarakat Indonesia porak-poranda,” ujarnya.

Oleh karena itu, Khofifah juga langsung berkordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera menindak tegas pemilik situs tersebut setelah mendengar hasil investigasi Polri. Khofifah berharap Menkominfo Rudiantara segera memblokir situs nikahsirri.com dan aplikasi android yang bisa diunduh secara gratis di google play store.

“Saya mengajak masyarakat untuk menjaga akhlak dan karakter bangsa, hal seperti ini jika tidak segera ditindaklanjuti maka moral dan karakter bangsa ini akan semakin terdegradasi,” tandasnya. (RR/KbN)

Read More
Olahraga

Secara Regulasi AFC, Bali United Punya Peluang Tembus Zona Asia

Kabarnusantara.net – Meraih hasil imbang 0-0 melawan tuan rumah Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis sore kemarin (21/9) lalu bukan menjadi akhir dari segalanya untuk Bali United.

Masih tersisa sembilan pertandingan lagi untuk bisa mengunci gelar juara sembari berandai-andai sang pemuncak klasemen Bhayangkara FC tergelincir mulai pekan depan melawan Persib Bandung.

Ya, hasil imbang sudah cukup adil bagi kedua tim. Tapi, tentu ada evaluasi yang harus dibenahi usai melawan Persib Bandung.

Kapten Bali United Fadil Sausu Jumat kemarin (22/9) menjelaskan, saat melawan Persib jelas bukan perkara mudah.

Apalagi melawan Maung Bandung – julukan Persib Bandung di kandang mereka sendiri. “Kami lawan Persib harus lebih hati-hati,” ucapnya. Permainan Serdadu Tridatu juga tidak seperti biasanya.

Ada sedikit rasa terburu-buru dan kurang fokus Kamis kemarin. Fadil mengaku jelas berbeda jika bermain di kandang sendiri dengan bermain di kandang lawan.

“Kami harus hati-hati. Jangan sampai kami kebobolan lebih dulu. Kalau kami sudah kebobolan duluan, semua akan terasa berat,” tandasnya.

Terlepas hasil imbang kontra Persib Bandung, mantan punggawa Mitra Kukar itu mengatakan berada di papan atas membuat Bali United tetap bisa juara.

Tapi, hal itu tidak dipusingkan Fadil. Mungkin saja pemain berusia 32 tahun itu melihat Bali United bisa tetap meraih satu tiket di zona Asia meskipun tanpa gelar juara.

“Jadi saya pikir sembilan pertandingan ini kami harus sapu bersih dan menganggap setiap pertandingan adalah partai final. Kalau kami tetap di papan atas, berarti kami tetap juara karena target memang di papan atas,” jelasnya.

Kalau dilihat dari regulasi AFC Club License, kecil peluang Bhayangkara ikut kualifikasi Liga Champions Asia.

Sesuai regulasi, klub minimal tidak boleh berganti nama atau lisensi selama dua tahun. Bhayangkara sendiri baru satu tahun.

Jadi, kans Bali United melaju ke kualifikasi Liga Champions Asia lebih besar meski Bhayangkara FC menjadi juara Liga I.

Syarat-syarat Bali United untuk bisa berlaga di kompetisi Asia sudah akan dilakukan. Seperti penambahan lampu stadion dari 800 lux menjadi 1.200 lux. Penambahan kursi single seat hingga 4 ribu kursi.

Lalu pemasangan papan skor elektronik, hingga perbaikan-perbaikan dan penambahan umum yang dilakukan.

Satu syarat yang sudah dipenuhi adalah Bali United tidak berganti nama, logo, atau apapun selama kurun waktu dua tahun terakhir.

Praktis, jatah di zona Liga Champions Asia akan menjadi milik Bali United seandainya mereka berhasil bertengger di peringkat kedua. Tapi Fadil enggan untuk berkomentar lebih jauh.

“Mungkin kalau mereka (Bhayangkara FC, Red) yang juara, pasti mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Semua tergantung nanti dan tergantung manajemen seperti apa. Tapi kalau kami bisa bermain di zona Asia, jelas itu menjadi kebanggaan buat kami karena bisa mendapat pengalaman berharga melawan tim-tim di Asia. Itu keuntungan bagi kami,” ucapnya. (RR/KbN)

Read More
Olahraga

Mourinho Beberkan Alasan Kenapa Martial Menjadi Sangat Tajam

Kabarnusantara.net – Striker versatile Manchester United, Anthony Martial, dianggap sebagai sesosok pemain yang berbakat. Dia masih 21 tahun tapi sudah memperlihatkan efek pada musim perdana beberapa tahun lalu.

Namun, seiring kemunculan Zlatan Ibrahimovic, Marcus Rashford, hingga Romelu Lukaku secara berkala, Martial mulai mengalami kesulitan. Dia cukup sering dibangku cadangkan hanya sebagai pemain pengganti.

Meski begitu, pada musim ini Martial sudah mencetak empat gol bahkan selalu mampu membuat gol meski hanya bermain 10 atau 5 menit sebagai pengganti.

manajer Jose Mourinho pun angkat bicara. Dia memastikan bahwa Martial berkembang sangat pesat terlepas dari perannya di dalam tim.

“Saya melihat perkembangan yang luar biasa secara personal, wajah, pergerakan tubuh, hingga perasaannya. Jika ada satu kata yang tepat untuk dia adalah bahagia. Dia adalah pria yang bahagia dan bekerja sangat keras,” ujarnya kepada Express.

“Dia menjadi starter dan akan berjuang semaksimal mungkin. Dia datang dari bangku cadangan, walau hanya tampil 10 menit, tapi bisa menikmati dan memberikan sesuatu. Saya sangat senang dengan sikapnya secara keseluruhan. Martial benar-benar berkembang, tidak hanya keinginannya, tapi hasratnya untuk efektif sangat terlihat. Sehingga lebih mudah untuk tampil baik,” pungkas dia. (RR/KbN)

Read More
News

Jasa Lelang Perawan dan Kawin Kontrak, Situs Nikahsirri.com Viral

Kabarnusantara.net – Pemerintah meminta para perempuan hati-hati dan jangan mau terbujuk dengan iming-iming dalam situs nikahsirri.com.

Dilansir Jawa.Pos.com, di dalam situs itu terdapat program nyeleneh yang diluncurkan lembaga Partai Ponsel berupa Lelang Perawan dan Kawin Kontrak.

Dalihnya, dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dengan melelang perawan kepada kaum adam kaya atau nikah siri bagi janda.

Modusnya, bila ada perawan atau janda tapi miskin yang memerlukan penghasilan hingga ratusan juta rupiah bisa mengikuti program tersebut.

Dalam kontraknya nanti bisa diatur waktunya apa hanya 1, 2, 3 hari atau mingguan atau juga bisa bulanan sesuai kemampuan finansial calon mempelai.

Dalam keterangan tertulis Partai Ponsel dengan Ketua Umum Aris Wahyudi, program itu disebutnya dengan ‘redistribusi aset’ dengan cara tradisional yaitu lelang perawan atau ‘bukak klambu’ (buka kelambu).

Namun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak masih menelusuri kebenaran program tersebut dan akan bekerja sama dengan kepolisian serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di dalam situs nikahsirri.com, menggulirkan tagline ‘Mengubah Zinah Menjadi Ibadah’. Hal itu bisa saja memberi peluang bagi para kaum pria hidung belang untuk melegalkan perzinahan.

Dikutip dari situs tersebut, Sirri (atau siri) berasal dari bahasa Arab, yang artinya “rahasia”. Jadi, nikah siri adalah nikah yang dirahasiakan atau tidak diumumkan kepada publik.

Definisi resmi dari Nikah Siri adalah pernikahan yang dilakukan tidak di hadapan PPN (Pegawai Pencatat Nikah), dan tidak dicatatkan di KUA (Kantor Urusan Agama).

Proses pernikahan ini biasanya dilakukan oleh penghulu, yaitu ulama yang telah menguasai hukum-hukum munakahat (pernikahan). Pernikahan siri tidak serumit seperti pernikahan yang biasa dilakukan di KUA.

Syarat-syarat untuk bisa melaksanakan pernikahan siri adalah:

1. Adanya mempelai pria dan wanita

2. Adanya wali mempelai wanita (bisa digantikan oleh seorang yang ahli dalam ilmu agama)

3. Adanya 2 (dua) orang saksi

4. Adanya penghulu (orang yang menikahkan)

5. Melakukan ijab qobul (dipandu oleh penghulu)

“Anda tidak perlu repot mempersiapkan sendiri segala persyaratan di atas, karena kami ada disini untuk membantu anda. Team manajemen kami telah menyiapkan semuanya, sehingga yang Anda perlukan hanya kesiapan mental saja,” tulis situs tersebut. (RR/KbN)

Read More
Hukum

Selama Setahun Peras Korban, Inilah Penghasilan 2 Oknum Polisi

Kabarnusantara.net – Polda Metro Jaya membenarkan telah meringkus dua oknum polisi ‘nakal’. Mereka adalah Tri Sutrisno (30) dan Wawan Chandra (30).

Kedua diringkus lantaran diduga telah melakukan pemerasan dalam satu tahun terakhir. Aksinya kepergok Anggota Subnit Buru Sergap

Polsek Taman Sari ketika mereka beraksi di depan Restoran Garuda, Jalan Hayam Wuruk, Tamansari, Jakarta Barat (Jakbar), Kamis (21/9) pagi.

“Ya benar. Saat ini kita masih dalami ya. Kita juga koordinasi dengan Provost Polsek, dan menyerahkan ke Tim Riksa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, dilansir RMol Jabar (Jawa Pos Grup).

Penangkapan tersebut dilakukan sekira pukul 08.30 WIB. Saat itu, keduanya diduga memeras korban saat keluar dari sebuah Diskotek Pujisera.

Mereka mengancam korban akan dibawa ke kantor dan melakukan pemeriksaan urin. Namun, tindakan tersebut hanya modus untuk memeras calon korbannya. Targetnya, korban akan menuruti apa pun keinginan kedua oknum. Termasuk, menyerahkan sejumlah uang.

“Karena korban ketakutan, lalu bernegosiasi dengan pelaku agar dibantu tidak dibawa ke kantor (polisi) dengan memberikan sejumlah uang yang besarannya bervariasi,” terang Argo.

Hasil pemeriksaan terhadap oknum polisi itu, keduanya merupakan anggota Polri yang bertugas di wilayah hukum Polres Jakarta Pusat.

Wawan merupakan anggota Sabhara Polsek Johar Baru. Sedangkan Tri Sutrisno anggota Reskrim Polsek Kemayoran.

Berdasarkan pengakuan kedua oknum pelaku, aksi tersebut sudah dilakukan sejak satu tahun terakhir. Begitu juga dengan temuan barang bukti hasil percakapan di aplikasi WhatsApp (WA).

Kedua pelaku rata-rata melakukan 10 – 15 kali dalam sebulan dengan meraup uang yang diduga hasil pemerasan berkisar Rp 3-80 juta.

Saat ini, keduanya telah diamankan di Polsektro Tamansari, Jakbar, guna pemeriksaan lebih lanjut. Keduanya diduga terlibat dalam tindakan pidana Pasal 368 KUHP alias pemerasan. (RR/KbN)

Read More

Page 1 of 1

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password