Beranda Olahraga Indonesia Juara Final Piala AFF U-16 Setelah Kalahkan Thailand Lewat Adu Penalti

Indonesia Juara Final Piala AFF U-16 Setelah Kalahkan Thailand Lewat Adu Penalti

0

SIDOARJO – Timnas U-16 berhasil meraih juara piala AFF setelah berhasil mengalahkan Thailand melalui tendangan penalti. Indonesia menang dengan skor 4-3, setelah penjaga gawang Indonesia berhasil menggagalkan dua tendangan pemain Thailand.

Pemenang laga final Piala AFF U-16 2018 harus ditentukan lewat adu penalti setelah Timnas U-16 Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1 pada waktu normal, Sabtu (11/8/2018).

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Indonesia unggul terlebih dahulu lewat Fajar Faturachman pada menit ke-32.

Namun, Thailand berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua lewat Apidet Janngam pada menit ke-71.

Pertandingan ini berjalan ketat sejak peluit sepak mula dibunyikan.

Indonesia langsung mengancam pada menit ke-3. Tendangan keras mendatar Supriyadi dari luar kotak penalti mengarah tepat ke kiper Anuchid Taweesri.

Selepas peluang ini, Indonesia tercatat mendapat dua peluang hingga menit ke-10 lewat Bagus Kahfi dan sundulan Komang Teguh.

Tiga menit berselang, Bagus Kahfi kembali mendapat peluang emas. Menerima umpan Brylian Almada, Bagus Kahfi mampu mengelabui pemain belakang Thailand dengan cara memutar badan.

Sudah mendapatkan ruang tembak yang lebar, Bagus Kahfi gagal memaksimalkan peluang karena tendangan mendatarnya hanya membentur mistar gawang.

Gol yang ditunggu seisi Stadion Gelora Delta baru tercipta pada menit ke-32. Menerima umpan trobosan pada David Maulana, M Fajar Faturachman menendang bola yang melewati atas kepada kiper Thailand.

Fajar Faturachman adalah pemain pengganti yang masuk menggantikan Amanar Abdillah pada menit ke-16.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Berlanjut ke babak kedua, Indonesia langsung memegang kendali permaianan di menit awal.

Pada menit ke-44, Indonesia memiliki peluang lewat tendangan bebas tepat di depan garis kotak penalti Thailand.

Namun, tendangan Fadillah Nur Rahman terhenti oleh pagar betis pemain Thailand.

Tensi pertandingan semakin panas ketika memasuki menit ke-53. Duel fisik antar pemain tidak terhindarkan dan sering terjadi.

Pada menit ke-64, Bagus Kahfi mendapatkan peluang. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti hanya melebar di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-71, Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Apidet Janngam. Ini adalah tembakan ke arah gawang pertama Thailand dan langsung berbuah gol.

Indonesia memiliki peluang emas pada menit ke-73. Namun tendangan keras kaki kiri dari Sutan Zico dengan mudah ditangkap oleh kiper Thailand.

Skor 1-1 tidak berubah sehingga harus berlanjut ke babak adu penalti.

Susunan pemain Indonesia versus Thailand:

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Muhammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Amanar Abdillah

Pelatih: Fakhri Husaini

Thailand: Anuchid Taweesri; Arthit Bua Ngam, Chatmongkol Rueangthanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet; Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanakrit Laorkai, Sattawas Leela; Sitthinan Rungrueang, Thodsawat Aunkongrat.

Pelatih: Thongchai Pungreangleas