breaking news New

Setya Novanto Bukan Pelaku Utama Korupsi E-KTP

Bagikan

JAKARTA – Kuasa hukum Setya Novanto, Firman Wijaya mengatakan bahwa kliennya bukanlah pelaku utama dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP. Firman menyebut inisiator proyek e-KTP merupakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Yang jelas proyek e-KTP kan bukan proyek pribadi Pak Nov. Soal ‘directing man’ dari Rp 2 triliun menjadi Rp 5 triliun tentu membutuhkan high level policy. Siapa high level policy? Kita tunggu, pastinya jelas karena proyek itu diusulkan dari Kemendagri, nanti akan lebih clear-lah,” ucap Firman di Kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, proses pengajuan justice collaborator (JC) Novanto ke KPK terus berjalan. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi Novanto.

“Banyak yang diminta persyaratan kita penuhilah. Sebagai bentuk partisipasi warga negara ya jelaslah. Misalnya soal penganggaran soal perencanaan. Nanti beliau akan beri konstruksinya,” kata Firman.

Dalam sidang sebelumnya, Novanto mengaku memiliki catatan soal nama-nama anggota DPR penerima aliran uang e-KTP. Terkait itu, Firman menyebut, bisa saja dalam persidangan, Kamis (25/1) besok, Novanto akan mengungkap nama-nama itu.

“Nanti beliau akan jelaskan posisi beliau seperti apa. Inner circle dan sider information itu seperti di dalam pemeriksaan itu sendiri. Besok ada saksi yang penting, kita lihat saja. Bisa juga (diungkapkan besok),” ucap Firman.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password