breaking news New

Karitas Keuskupan Ruteng Resmikan Saluran Air di Todo-Paroki Tentang

Ket. Foto: Acara Peresmian Pemanfaatan Saluran Air Yang diperbaiki secara swadaya oleh Warga Todo-Tentang Bersama Karitas Keuskupan Ruteng
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Karitas Keuskupan Ruteng meresmikan pemakaian saluran irigasi di kampung Todo, Paroki Tentang, Sabtu (01/04/2017). Saluran air itu diperbaiki setelah rusak akibat bencana longsor pada Februari 2016.

Peresmian dilakukan dengan Ibadat Pemberkatan secara Katolik yang dihadiri oleh pimpinan dan staf Karitas Keuskupan Ruteng, Pastor Paroki Tentang, dan warga setempat.

Direktur Karitas Keuskupan Ruteng Romo Martinus Chen,Pr, dalam sambutannya mengatakan, bantuan dari Karitas Keuskupan Ruteng hanya melengkapi apa telah dimulai oleh warga setempat.

“Kami dari Karitas hanya membantu apa yang sudah hidup dan berkembang di tengah masyarakat,” ujarnya.

Warga kampung Todo, lanjut Rm. Chen, patut dijadikan contoh. Dalam upaya mengatasi bencana, mereka tidak hanya menunggu bantuan atau proyek pemerintah tetapi secara mandiri mulai mengatasinya.

“Inilah yang menjadi kekuatan kelompok di sini, yaitu kebersamaan dan semangat untuk mandiri. Kelompok di sini melihat masalah. Kemudian mereka sendiri berupaya mencari solusi dan memulai secara swadaya,” imbuhnya.

Tokoh masyarakat Todo, Desa Golo Bore, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, Aloysius Barung, menceritakan, bencana pada Februari 2016 membuat saluran air untuk usaha-usaha pertanian dari 300 kepala keluarga di wilayah itu tidak berjalan.

Tidak hanya itu, bencana juga memutus jalan penghubung kampung Todo dengan wilayah sekitarnya di desa itu, maupun lintas desa di Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat itu.

“Selama satu tahun ini, kami tidak dapat menggalakan usaha sayur-sayuran dan sawah. Padahal sejak 2014, kami didampingi oleh Karitas Keuskupan Ruteng untuk mengelola pertanian organik,” tuturnya.

Sementara itu, Pastor Paroki Tentang, Bartolomeus Didit Tri Haryadi, OFM yang turut hadir dalam pengresmian itu menyatakan terima kasih kepada Keuskupan ruteng atas perhatian kepada umat parokinya.

“Kami menghargai dan berterima kasih atas bantuan peralatan air. Ini sangat membantu bagi kelangsungan pertanian umat di kampung Todo,” kata Pastor Didit, OFM.

Ia pun berharap bantuan ini tidak sia-sia dan saluran air itu akan terus dijaga dan dirawat. (Alfan/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password