breaking news New

Rakor di Labuan Bajo, Ini Fokus Pembahasan Para Kepala Kesbangpol Provinsi Se-Indonesia

Bagikan

LABUAN BAJO, Kabarnusantara.net – Para Kepala Kesbangpol dari seluruh Provinsi di Indonesia menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mengoptimalkan pemantauan dan pengawasan orang-orang asing, maupun lembaga-lembaga asing dalam mewujudkan Indonesia yang tertib dan aman.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Badan Kesbangpol Provinsi NTT dan Kesbangpol Kabupaten Manggarai Barat, di Labuan Bajo, Selasa, 16/5/2017.

Pelaksana Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Didi Sudjana dalam sambutannya, mengatakan rapat koordinasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT itu dipilih sebagai tempat Rapat Koordinasi adalah bentuk apresiasi terhadap Provinsi NTT, khususnya Kabupaten Manggarai Barat yang masuk nominasi 10 besar destinasi pariwisata di Indonesia.

Menurutnya, Rakor ini sangat strategis karena difokuskan pada mengawasi dan memantau orang-orang maupun lembaga asing yang masuk ke wilayah Indonesia adalah sangat penting dan terus dilakukan.

“Pengawasan dan pemantauan keberadaan orang asing atau pekerja asing menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Dikatakan Didi, sebagai negara hukum, ketika ada orang asing masuk ke Indonesia, penting bagi Pemerintah untuk terus melakukan pemantauan dan pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, Pemerintah diharapkan untuk selalu dan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran orang-orang asing, maupun lembaga-lembaga asing di daerah kita masing-masing.

Untuk memaksimalkan pemantauan terhadap orang asing itu, menurutnya, perlu melibatkan masyarakat. Pasalnya, pengawasan tidak hanya berlaku di Bandara atau pun di pelabuhan-pelabuhan laut, tetapi juga penting untuk dilakukan pengawasan di jalan-jalan, pelabuhan-pelabuhan, dan bahkan di jalan tikus sekalipun.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Benediktus Banu menyampaikan terima kasih karena telah memilih Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT sebagai tempat penyelenggaraan rakor ini.

Banu berharap rakor ini dapat menghasilkan sebuah keputusan yang dapat menjadi dasar atau acuan bagi seluruh daerah di Indonesia.

Selain rapat koordinasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan dialog terkait pengawasan dan pemantauan keberadaan orang asing atau pekerja asing untuk tingkat Regional Provinsi NTT.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Dirjen Imigrasi, Yurod Saleh, Para Kepala Badan Kesbangpol Provinsi se-Indonesia dan Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota yang terpilih, serta para tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. (Alfan Manah/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password