breaking news New

SURAT GEMBALA ADMINISTRATOR APOSTOLIK KEUSKUPAN RUTENG

Mgr. Silvester San, Pr., Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng.
Bagikan

“Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus” (1Kor 1:4)


Para imam, biarawan/ti, umat beriman yang dikasihi Tuhan!

Terinspirasi dengan kata-kata rasul Paulus di atas, kami, Mgr Silvester San, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng, mau menyapa dengan penuh kasih seluruh umat Keuskupan Ruteng dan mengajak, agar kita selalu melambungkan madah syukur kepada Tuhan atas kasih setia-Nya yang berlimpah dalam kehidupan Gereja lokal kita ini. Dalam segala suka duka perjuangan hidup ini, dalam naik turun gelombang perjalanan iman kita di tanah Nucalale ini, Kristus selalu setia menuntun kita dengan kekuatan cinta-Nya. Dia adalah Kepala Gereja. Dia sendirilah gembala hidup kita (bdk. Yoh 10,11). Karena itu bersama pemazmur kita dapat berseru dengan penuh keyakinan, “Tuhanlah gembalaku, aku takkan berkekurangan. Ia membaringkan daku di padang rumput yang hijau, ia membimbing aku ke air yang tenang dan menyegarkan jiwaku” (Mzm 33:1-2).

Pada hari Rabu, 11 Oktober 2017, Bapa Suci, Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri Mgr Hubertus Leteng dari jabatan sebagai Uskup Ruteng dan secara resmi mengangkat kami sebagai Administrator Apostolik selama takta lowong. Kami ingin berjalan bersama seluruh umat, imam, biarawan-biarawati dalam tugas pelayanan ini. Kami, dari hati yang dalam menyampaikan maaf kepada seluruh umat, imam dan biarawan/wati atas gelombang badai yang telah melanda Gereja lokal Keuskupan Ruteng akhir-akhir ini. Kita semua juga diajak untuk saling memaafkan dan saling meneguhkan. Kami yakin selalu ada rahmat dan pelajaran yang baik di balik semua peristiwa. Karena itu mari kita terus berjalan bersama, dalam bimbingan Tuhan Yesus sang Gembala Agung kita. Dalam tuntunan-Nya, kita hendaknya meyakini kata-kata santo Paulus dalam bacaan kedua hari Minggu ini: “Segala perkara dapat kutanggung dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (Flp 4:13). Dengan keyakinan tersebut, marilah kita menapaki ziarah iman di tanah Manggarai Raya ini dalam semangat persaudaraan, perdamaian, dan kebenaran. Yang lalu biarkanlah berlalu. Marilah kita menatap ke depan dan bersama-sama bergandengan tangan membangun kehidupan Gereja lokal kita yang semakin teguh dalam iman, bersatu dalam persaudaraan dan berbela rasa dengan yang lemah dan menderita.

Para imam, biarawan/wati, umat beriman yang dikasihi Tuhan!
Dalam tahun 2017 ini, Gereja lokal Keuskupan Ruteng memusatkan diri pada tema pewartaan sebagai implementasi Sinode III dalam tahun kedua. Kita ingin membaharui kembali semangat misionaris agar dapat berjalan bersama-sama dengan Yesus, dari kampung ke kampung, dari kota ke kota, untuk mewartakan kabar gembira Kerajaan Allah (Luk 8:1). Kita ingin membangun kebiasaan membaca, merenungkan dan mensyeringkan Kitab Suci, agar Sabda Allah sungguh-sungguh menerangi dan membimbing hidup kita. Kita bertekad untuk memperjuangkan agar nilai-nilai injili seperti keadilan, kebenaran, kejujuran, solidaritas dan kesejahteraan umum semakin meresapi kehidupan bersama baik dalam Gereja maupun masyarakat. Marilah kita bersama-sama membangun kehidupan Gereja Keuskupan Ruteng dalam kasih setia Allah dan kekuatan rahmat-Nya. Semoga Bunda Maria menolong kita dan menuntun Gereja lokal keuskupan Ruteng kepada Yesus, Sang Sabda Ilahi, agar selalu bergema madah ini dalam hidup kita: “Firman-Mu pelita bagi kakiku, dan terang bagi jalanku” (Mzm 119:105).

Akhirnya, kami mengajak kita sekalian untuk tetap mendoakan Bapa Uskup Emeritus, Mgr Hubertus Leteng agar beliau selalu dilindungi oleh Tuhan untuk ziarah hidup selanjutnya. Kita berterimakasih untuk pengabdiannya selama kurang lebih tujuh tahun sebagai Uskup Ruteng. Kiranya Kasih Tuhan tetap melimpah atasnya dan atas kita semua sehingga kita beroleh sukacita dalam damai-Nya.

 

Ruteng, 13 Oktober 2017
Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng.

Mgr. Silvester San

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password