breaking news New

Perayaan Puncak Tahun Pewartaan Dirayakan di Ruteng

Viktor Madur Wakil Bupati Manggarai memukul gong tanda pembukaan perayaan puncak.
Bagikan

Ruteng, Kabarnusantara.net – Firman Allah membantu kita untuk menemukan yang salah dan benar dalam kehidupan serta memperjuangkan keadilan dan kebaikan dalam masyarakat. Firman Allah sungguh menjadi dasar, sumber dan penuntun kehidupan kita. Karena itu bersama pemazmur kita dapat berdendang, Firman-Mu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku (Mzm 119:105).

Itulah tema sekaligus menjadi semangat pada Perayaan Pekan Puncak Tahun Pewartaan 2017 Keuskupan Ruteng yang dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 10 Desember 2017 yang di pusatkan di Ruteng, NTT.

Perayaan ini tidak sekadar menjadi seremoni penutup dari aneka kegiatan selama satu tahun. Lebih dari itu, perayaan selama lima hari yang menghadirkan utusan dari seluruh keuskupan merupakan saat untuk memperteguh persekutuan seluruh umat sebagai Gereja.

“Setelah melaksanakan berbagai kegiatan selama tahun Pewartaan, akhirnya mulai sore hari ini, semua akan bersama, berkumpul di pusat keuskupan, sebagai tanda persekutuan kita, sebagai umat Allah yang ada di Keuskupan ini,” demikian Vikjen Keuskupan Ruteng Rm. Alfons Segar, Pr., dalam sambutan pada acara pembukaan pekan puncak Tahun Pewartaan 2017 Keuskupan Ruteng di Aula Baru Paroki Katedral Ruteng, Rabu (6/12/2017).

Persekutuan itu, juga telah ditunjukkan oleh Gereja lokal Keuskupan Ruteng selama pelaksaan aneka program pastoral khususnya pada Tahun Pewartaan 2017. Seluruh keuskupan telah secara bersama-sama memberi perhatian yang besar pada satu bidang kehidupan iman yaitu Sabda Allah.

“Kehadiran para Vikep, para imam, biarawan-biarawati, ketua DPP, dan seluruh utusan, memberi kebahagiaan tersendiri bagi kita semua yang ada di Keuskupan ini. Karena kita telah memusatkan perhatian secara khusus terhadap Sabda Allah, sumber kekuatan utama dalam hidup kita, di samping Ekaristi, dalam kehidupan beriman,” lanjut Romo Alfons.

Apresiasi Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Manggarai mengapresiasi aneka karya pastoral terutama sejak penyelenggaraan Sinode III dua tahun silam. Sinode tidak hanya menghasilkan buah-buah pemikiran yang ideal, tetapi sungguh menjadi pedoman bagi aneka kegiatan pelayanan pastoral dengan fokus yang yang jelas pada setiap tahunnya dengan obyek yang sama yaitu manusia Manggarai.

“Melalui aneka kegiatan pastoral, Gereja telah mengambil peran dalam membangun masyarakat Manggarai kususnya dan masyarakat Manggarai Barat dan Manggarai Timur umumunya sehingga Pemerintah memberi apresiasi kepada Gereja lokal Mabggarai sebab kita membangun obyek yang sama” kata Viktor Madur Wakil Bupati Manggarai ketika memberikan sambutan pada kesempatan itu.

Wabup Madur berharap “seluruh karya ini berujung pada pembangunan manusia Manggarai yang terintegritas selaras dengan Panca Program Pemerintah Kabupaten Manggarai lima tahun ke depan” harapnya.

Pembukaan pekan puncak Tahun Pewartaan 2017 Keuskupan Ruteng di Aula Baru Paroki Katedral Ruteng, Rabu malam (6/12/2017), diawali dengan penerimaan secara adat utusan-utusan kevikepan oleh panitia perayaan. Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati Manggarai Victor Madur bersama Vikjen Keuskupan Ruteng Rm. Alfons Segar Pr dan para Vikep membuka kegiatan selama lima hari itu dengan pemukulan gong pemotongan pita pada lokasi pameran.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan makan malam bersama sambil menikmati pentasan tari dan nyanyian yang telah disiapkan oleh panitia.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password