breaking news New

Terkait Sampah di Nanga Banda, Ini Kata Camat Reok

Camat Reo, (Tengah). (Foto : Florespost.co)
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Seperti berita yang dirilis sebelumnya terkait sampah yang berserakan di jalur Nanga Banda, Kelurahan Baru, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT akhirnya mendapat tanggapan serius dari Pemerintah Kecamatan Reok melalui Camat Ir. Kanisius Tonga.

Tanggapan Kanisius disampaikannya melalui Pesan WhatsApp pada Rabu (26/12/2017) di Reok.

Lanjutnya, 4 Kelurahan dan 2 Desa itu, yakni Kelurahan Baru, Kelurahan Reo, Kelurahan Mata Air dan Kelurahan Wangkung. Sedangkan 2 Desa lainnya, yakni Desa Bajak dan Desa Salama.

Dikatakannya, persoalan sampah di Wilayah Kecamatan Reok bukan hanya terjadi di Nanga Banda tetapi di 4 Kelurahan dan 2 Desa tepatnya di bantaran Kali Wae Pesi.

“Terkait sampah yang berserakan di 4 Kelurahan dan 2 Desa tersebut Pemerintah Kecamatan Reok sudah punya ide yang sempat disampaikan dalam diskusi bersama para Lurah dan Kepala Desa beberapa waktu lalu” katanya.

Katanya lagi, persolan sampah diatas akan ditangani melalui pola Kemitraan, artinya Pemilik lahan yang siap TPA, Masyarakat dan RT/RW dilibatkan sebagai juru pungut Sampah di Rumah – Rumah Penduduk sekaligus Pengendali atau Pengawas bagi Masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Pola Kemitraan ini hanya bersifat sementara sambil menunggu dana pembebasan lahan dari Pemda Manggarai pada Tahun 2019 karena Bupati Manggarai sudah Pernah sampaikan ini ke Camat” ungkapnya.

“Bupati Manggarai melalui pembicaraan per HP menyampaikan hal ini kepada Camat Reok, sehingga tugas Camat sekarang adalah mencari lahan Warga yang luasnya kurang lebih 2 HA untuk dijadikan TPA dan sekarang sudah ada Warga yang memberikan itu” ungkapnya lagi.

Di akhir pesan pesannya, Kanisius menyampaikan bahwa pada akhir Desember 2017 Pemerintah Kecamatan akan menggelar rapat bersama para Lurah, Kepala Desa, RT/RW, Tokoh Masyarakat dan juga Stake Holder agar dapat menghasilkan kesepakatan bersama atau solusi dalam menangani sampah.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas kepedulian Warga yang membantu mengingatkan Pemerintah Kecamatan Reok melalui Wartawan. Tentunya kontribusi itu dapat meminimalisir masalah sampah di Reok. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password