breaking news New

Bupati Manggarai Resmikan Jembatan Wae Pesi Hulu di Reok Barat

Bupati Manggarai, Deno Kamelus didampingi Mantan Bupati Manggarai, Christian Rotok saat menggunting Pita sebagai tanda peresmian Jembatan Wae Pesi Hulu
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH akhirnya meresmikan Jembatan Wae Pesi Hulu yang menghubungkan Kecamatan Reok Barat dan Cibal Barat pada Minggu (17/12/2017), Pukul 13.00 Wita.

Peresmian ini dihadiri oleh Mantan Bupati Manggarai 2 Periode, Christian Rotok, Sekda Manggarai, Manseltus Mitak, Asisten 1 Bupati Manggarai, Frans Kakang, Asisten 2 Bupati Manggarai, Ketut Sulastika, Dandim Manggarai, Hartanto, Para Organisasi Perangkat Daerah dan para Camat se Kabupaten Manggarai.

Peresmian itu diawali dengan Upacara Adat berupa Kepok Kapu Manuk Lele Tuak dan Teing Hang bagi para Leluhur.

Turut hadir Rohaniwan, Tokoh Masyarakat, para Pekerja Jembatan dan Insan Pers.

Selanjutnya diikuti dengan Ibadat Sabda dan pemberkatan yang dilakukan oleh Rohaniwan di sepanjang Jembatan Wae Pesi Hulu itu.

Usai Upacara Adat dan Pemberkatan Jembatan itu disusul pula laporan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Adi Empang, Sambutan Toko Masyarakat yang dibawakan oleh Christian Rotok dan sambutan Bupati Manggarai, Deno Kamelus sekaligus meresmikan Jembatan Wae Pesi Hulu yang ditandai dengan pemotongan Pita.

Dalam laporannya Adi Empang mengatakan bahwa sesuai amanat Perda Kabupaten Manggarai Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Penggunaan Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai Dimana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sebagai Salah Satu Perangkat Daerah yang Melaksanakan Urusan Wajib yang Berkaitan dengan Pelayanan Dasar Mempunyai Salah Satu Tugas, Yakni Pembangunan Jalan dan Jembatan Kabupaten.

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi tersebut, lanjut Adi Empang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang berkewajiban membangun Jalan dan Jembatan untuk mendukung sektor – sektor Perekonomian.

“Dari 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai hampir semua urusan Jalan dan Jembatan sudah rampung dibangun dan yang belum adalah jalur yang menghubungkan Reok Barat dan Cibal Barat yang sebelumnya Masyarakat Reok Barat melewati jalur Nasional Reok – Ruteng untuk sampai ke Ruteng. Tetapi sekarang tidak perlu melewati jalur Nasional itu karena sudah dibangunnya Jembatan Wae Pesi Hulu” tuturnya.

Lebih lanjut Dia melaporkan bahwa data teknis Jembatan memiliki bentangan 76 meter, tinggi 7 meter, lebar 5 meter panjang 50 meter dan fondasi telapak rata – rata 2 meter.

“Pembangunan Jembatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 yang lalu tatkala Kabupaten Manggarai masih dipimpin oleh Christian Rotok – Deno Kamelus dan sekarang sudah dilanjutkan oleh Deno Kamelus selaku Bupati Manggarai” tuturnya lagi.

Dia juga melaporkan bahwa total anggaran pekerjaan Jembatan ini sebesar 5.837.000.000 yang dicairkan dari Dana Alokasi Umum selama 3 tahap pengerjaan melalui swakelola Dinas.

Di akhir laporannya Dia mengucapkan terimah kasih sedalam – dalamnya atas Sang Inspirator Christian Rotok yang telah berjasa membuka Jalan dan Jembatan penghubung Reok Barat dan Cibal Barat ini sejak masih menjabat Bupati pada tahun 2014 lalu.

Usai sambutan Adi Empang selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Christian Rotok yang diberi kesempatan kedua membawakan sambutan selaku Mantan Bupati Manggarai 2 periode juga mengatakan bahwa sejak peletakan batu pertama pembangunan Jembatan Wae Pesi Hulu Pemerintah Kabupaten Manggarai memiliki 2 kendala, yakni kondisi topografi yang sangat sulit pada saat itu dan keterbatasan sumber pembiayaan.

“Beruntung waktu Saya janji itu tidak ada Wartawan yang meliput. Tetapi sekarang beruntung karena sudah jadi baru Wartawan meliput” ungkapnya lagi dengan tertawa.

“Saya memang pernah berjanji agar pengerjaan Jembatan ini akan diselesaikan dengan cepat, namun karena kendala itu akhirnya batal” ungkapnya.

Dengan jadinya Jembatan Penghubung ini, kata Christian, Masyarakat Reok Barat dan Cibal Barat tidak susah memiliki akses masuk dan keluar sehingga dengan sendirinya pembangunan ekonomi Kabupaten Manggarai turut lancar.

“Dengan jadinya Jembatan ini Saya juga bisa duduk dan makan siang diatas Jembatan bersama Bapak Ibu sekalian” ujarnya lagi.

“Secara pribadi Saya sangat berterimah kasih kepada Bupati Manggarai yang sekarang atas tekadnya melanjutkan pembangunan Jembatan Wae Pesi Hulu ini hingga selesai” ujar Christian.

Di akhir sambutan singkatnya Christian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu peroses pengerjaan Jembatan Wae Pesi Hulu hingga selesai.

Sementara itu Bupati Manggarai dalam sambutan peresmiannya mengatakan bahwa pembangunan Jembatan Wae Pesi Hulu ini merupakan sebuah program prioritas yang telah dirancangkan pada tahun 2017 ini sampai pada tahun berikutnya.

“Pada tahun 2018 nanti ada program prioritas yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai, yakni pembangunan infrastruktur yang memadai seperti Jalan, Jembatan, Air Minum, Listrik, Sanitasi, Puskesmas dan lain – lain” katanya.

“Fakta lapangan membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur sangat berpengaruh besar pada lajunya pertumbuhan di berbagai sektor” katanya lagi.

Dia pun mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan Daerah tetap mengikuti arahan Pemerintah Pusat dalam hal ini program Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia pada bagian infrastruktur.

“Jadi anggaran yang Kita dapat dari Pemerintah Pusat tidak boleh dikerjakan setengah – setengah karena akan memperhambat pembangunan. Kita harus memberi dan mengerjakannya dengan total anggaran yang banyak sesuai ketersediaan” jelas Bupati Manggarai.

Dia juga menjanjikan bahwa pembangunan Jembatan ini akan didukung dengan pembangunan jalan raya aspal dari Reok Barat menuju Cibal Barat.

“Sekarang sudah ada Jembatan, hanya jalan raya aspalnya yang belum. Oleh karena itu, program ini menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Manggarai” terangnya.

Di akhir sambutan, Bupati Manggarai ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung peroses pengerjaan Jembatan Wae Pesi Hulu terutama Dinas Pekerjaan Umum dan para Pekerja.

Akhirnya peresmian Jembatan Wae Pesi Hulu ini dilaksanakan pada 17 Desember 2017 oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH yang ditandai dengan pemotongan Pita. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password