breaking news New

Launching Desa Sadar Kerukunan di Reok Lahirkan 5 Komitmen Penting

Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.netLaunching Desa Sadar Kerukunan yang berlangsung selama 3 hari di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT akhirnya melahirkan 5 komitmen penting.

Komitmen ini lahir dari sejumlah kontribusi dan kesepakatan para Stakeholder Kecamatan Reok, Tokoh Agama dan para Pemuda – Pemudi saat melakukan pertemuan.

Lima Komitmen ini dituangkan dalam bentuk tertulis dan akhirnya dibacakan secara bersama – sama pada momen puncak Launching Desa Sadar Kerukunan yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Reok pada Jumat (22/12/2017) Pagi.

Pembacaan Komitmen ini merupakan sebuah Deklarasi antara Umat Beragama di Wilayah Kecamatan Reok.

Adapun Komitmennya, yakni:
1. Bertekad membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antara Umat Beragama di Wilayah Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai yang harmonis, Aman dan Damai berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

2. Bertekad membangun dialog di antara para Pemuka Agama dan Umat Beragama dengan mengedepankan perinsip – perinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana kedamaian dan kerukunan Umat Beragama.

3. Bertekad membangun kesadaran masing – masing Umat Beragama untuk menjalankan ibadah dengan baik sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing – masing dan tidak akan menyebarkan agama kepada orang yang telah beragama serta tidak terpengaruh oleh bentuk provokasi yang dapat memecah bela persatuan dan kesatuan Bangsa

4. Menolak semua bentuk paham radikalisme yang mengatasnamakan agama dan dapat mengancam serta menimbulkan perpecahan di Masyarakat Kecamatan Reok.

5. Bertekad untuk berperan aktif dan menyukseskan program pembangunan Pemerintah Kecamatan Reok khususnya dan Kabupaten Manggarai pada umumnya yang maju, aman, damai dan sejahtera demi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pantauan Kabarnusantara.net 5 Komitmen itu dibacakan oleh para perwakilan, yakni:

1. Agama Islam dibacakan oleh Haji Usen Algadri.
2. Agama Katolik dibacakan oleh Vikjen Romo Alfons Segar, Pr.
3. Agama Kristen Protestan dibacakan oleh Pendeta Viktor Tualaka.
4. Camat Reok dibacakan oleh Ir. Kanisius Tonga.
5. Kapolsek Reok dibacakan oleh Bhekti Indra Kurniawan.
6. PJS Danramil 1612 Reok dibacakan oleh Lasiman.

Demikian bunyi 5 komitmen yang telah dibacakan bersama – sama itu dan siap diterapkan dalam kehidupan beragama di Kecamatan Reok.

Untuk diketahui bahwa Deklarasi ini merupakan kegiatan puncak dari Launching Desa Sadar Kerukunan yang sudah diselenggarakan di Reok dengan berbagai jenis kegiatan seperti yang telah diberitakan sebelumnya. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password