breaking news New

Panwascam Reok Siap Awasi Tahapan Awal Pilgub NTT 2018

Albertus Frederiko Davids, S.Ag Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga Panwascam Reok
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT akan siap mengawasi tahapan awal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

Tahapan awal dalam Pilgub 2018 yang perlu diawasi oleh Panwascam adalah Pemuktahiran Data Pemilih.

Demikian penjelasan Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga Panwascam Reok, Albertus Frederiko Davids, S.Ag kepada Kabarnusantara.net pada Minggu 7 Januari 2018 di Reok.

“Tidak menutup kemungkinan pada tahapan awal ini akan terjadi pelanggaran. Oleh karena itu, Kami siap mengawasinya” ungkap Davids.

Pelanggaran pada tahapan awal Pemilihan, ungkapnya lagi, merupakan pelanggaran yang kerap kali terjadi dimana Aktor – Aktor tidak bekerja secara maksimal dalam memuktahirkan data Pemilih.

“Untuk sementara KPU Kabupaten sedang membentuk Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan pemuktahiran data, baik di tingkat Kecamatan, Desa, Kelurahan maupun RT/RW. Oleh karena itu Panwascam akan siap mengkawal ketat dan mengawasi tahapan itu” jelasnya.

Adapun pelanggaran yang kemungkinan terjadi dalam tahap awal ini, yakni:
1. Pemilih yang tidak terdaftar di DPS, DPT maupun DPTB
2. Jumlah Pemilih yang ganda
3. Sudah meninggal tetapi masih terdaftar
4. Formulir C6 yang tidak tersebar
5. PPDP yang tidak bekerja secara maksimal
6. PPDP yang tidak turun ke lokasi
7. PPS yang tidak mengumumkan DPS, DPT dan DPTB melalui rapat pleno
8. Berita acara rapat pleno Pemuktahiran Data yang tidak ditandatangani PPS
9. Tidak memberikan salinan DPS, DPT dan DPTB kepada Parpol
10. Pemalsuan Tanda Tangan dalam formulir Pemuktahiran
11. Jumlah Pemilih yang tidak sesuai, dan sejumlah pelanggaran lainnya.

“Kemungkinan pelanggaran ini akan terjadi dalam tahap awal Pemuktahiran Data. Oleh karena itu butuh pengawasan yang lebih maksimal dari Panwascam” terang Davids.

Menurutnya, pelanggaran dalam tahap awal Pemuktahiran Data ini masih menjadi ranking paling atas dalam sejumlah pelanggaran pada setiap tahapan.

“Kami sudah petakan ini sejak awal dan juga bertolak dari pengalaman sebelumnya bahwa tahapan awal ini perlu diawasi secara ketat demi berjalannya Pilgub yang netral dan demokratis” pungkas Davids.

Untuk diketahui saat ini Panwascam Reok sedang membentuk Pengawas Desa/Kelurahan atau Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) yang akan bertugas mengawasi PPDP dalam tahapan Pemuktahiran Data nantinya. (Berto/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password