breaking news New

NYIA Berdarah, PMKRI Jogja Kembali Demostrasi Bersama APRTB

Bagikan

Yogyakarta – Proses pembebasan lahan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kulon Progo kini kembali diwarnai tragedi berdarah.

Yadi, salah satu warga pemilik lahan yang akan digusur mengalami luka serius di sekujuran wajahnya.

Hal tersebut, terjadi lantaran diawali aksi sling dorong hingga menimbulkan kericuhan antara warga Dusun Kragon II, Desa Palihan dengan pihak PT. Angkasa Pura I pada Senin (8/1/2018), sekitar pukul 15.00 WIB.

Yadi kini yang mengalami luka-luka di bagian kepala hingga berdarah dan terlihat tergeletak di tengah kerumunan antara warga dan polisi saat akai adu mulut dan saling dorong itu, kini telah dilarikan ke rumah sakit oleh warga dan relawan.

Kekacuan tersebut, menui protes beragam pihak. Salah satunya datang dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Yogyakarta.

PMKRI Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Perjuangan Rakyat Tolak Bandara (APRTB) berencana akan kembali menggelar aksi protes atas sikap diskriminatif yang dilakukan pihak PT. Angkasa Pura I.

“Ini adalah kejahatan kemanusian. Dimana negara harus bertanggungjawab atas masalah ini. Kami terus mengambil sikap agar aksi kekerasan dan penggusuran paksa yang dilakukan PT. Angkasa Pura I segera dihentikan. Besok kami (APRTB) akan aksi besar-besaran di depan kantor DPRD DIY, kantor Gubernur dan di titik nol Km Jogja. Rencananya kita awali dengan long march dari Abubakar Ali,” tutur Warang yang merupakan Presidium Gerakan Masyarakat PMKRI Jogja.

Selin itu, Warang juga mengungkapkan hingga kini tercatat 15 orang warga dan mahasiswa korban pemukulan akibat tolak penggusuran tanah warga.

Tak hanya itu, ia juga menerangkan jalur alternatif yang menghubungkan kota Jogja dengan area hunian warga korban pembangunan badara yang selama ini dijadikan jalur lalulintas bantuan karena jalur utama sering diitimindasi oleh pihak keamanan saat mengatar logistik ditutup hingga tanggal 12 Januari 2018. (Astra/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password