breaking news New

Panwascam Reok Lantik 10 Orang Panwaslu Kelurahan/Desa

Ketua Panwascam Reok, Mulyadi Abdul Kadir melantik 10 orang Panwaslu Kelurahan/Desa di Aula Kantor Camat Reok (KbNKbN)
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT secara resmi melantik 10 Orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa pada Sabtu (13/01/2018), Pukul 11.00 Wita di Aula Kantor Camat Reok.

10 orang Panwaslu Kelurahan/Desa ini dilantik sendiri oleh Ketua Panwascam Reok, Mulyadi Abdul Kadir berupa pengangkatan sumpah, pembacaan pakta integritas oleh Panwaslu Kelurahan/Desa dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh 2 orang Rohaniwan, 2 orang Panwaslu Kelurahan/Desa dan Ketua Panwascam Reok.

Ceremonial pelantikan itu dihadiri oleh Komisioner Panwaslu Kabupaten Manggarai, Fortunatus Hamzah Manah, Mewakili Camat Reok, Agustinus Kapel, mewakili Danramil Reok, Lasiman dan mewakili Kapolsek Reok, Hamdan.

Turut hadir Komisioner Panwascam Reok, Staf Kesekretariatan Panwascam Reok dan 2 orang Rohaniwan.

Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik itu masing – masing berasal dari 4 Kelurahan dan 6 Desa, yakni:

1. Kelurahan Baru

2. Kelurahan Reo

3. Kelurahan Mata Air

4. Kelurahan Wangkung

5. Desa Salama

6. Desa Ruis

7. Desa Watu Tango

8. Desa Bajak

9. Desa Robek

10. Desa Watu Baur.

Menurut Mulyadi Abdul Kadir selaku Ketua Panwascam Reok bahwa pelantikan ini merupakan sebuah amanat yang harus dijalankan demi memperpanjang turunan Pengawas Pemilu, baik dari Pusat, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Kelurahan/Desa.

“Jadi Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik hari ini akan bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa” jelasnya.

Dia menambahkan kewenangan Panwaslu Kelurahan/Desa sudah diatur secara Undang-Undang.

“Panwaslu Kelurahan/Desa telah diberi kewenangan secara Undang – Undang untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa dan memantau segala dinamika politik yang berujung pada munculnya dugaan pelanggaran atau nyata pelanggaran” tambahnya lagi.

Selain itu Dia pun menjelaskan bahwa 10 orang Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik hari ini merupakan Panwaslu Kelurahan/Desa yang dinyatakan lulus dalam tahap penyeleksian berkas pendaftaran dan pelaksanaan tes Wawancara.

“10 orang ini dinyatakan lulus sesuai dengan penilaian obyektif dari 3 orang Komisioner Panwascam Reok sehingga berhak dilantik dan ditugaskan ke Kelurahan/Desa masing – masing” katanya.

Untuk diketahui bahwa 10 orang Panwaslu Kelurahan/Desa ini akan ditempatkan masing – masing 1 orang di tiap Kelurahan/Desa yang sudah ditentukan. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password