breaking news New

Pembangunan Fisik Desa Kole Tahun Anggaran 2017 Sudah Rampung

Foto Kepala Desa Kole, Yeremias Tani, S. Ag (KbN)
Bagikan

Kabarnusantara.net – Pembangunan berupa pembangunan fisik 2017 yang dicanangkan oleh pemerintah desa Kole sudah rampung.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Kole, Yeremias Tani, S. Ag saat ditemui, Sabtu (13/18).

Menurut Yeremias, beberapa program fisik telah dilaksanakan oleh pemerintah desa Kole, salah satunya dengan program pemugaran rumah yang tak layak huni, menjadi layak huni.

“Tahun pertama dalam jabatan sebagai kepala Desa, saya bersama tim 11 merumuskan beberapa persoalan seputar ciri kemiskinan yang dialami oleh masyarakat desa kole. Dalam pembangunan di Desa kole terdiri dari beberapa pilar yaitu, Pemdes, masyarakat  sumber daya alam. Berdasarakn beberapa pokok pilar pembangunan, Pemdes menghubungkan program yang diurutkan dalam prioritas pembangunan, satu di antarannya tentang pemugaran rumah tidak layak huni menjadi layak huni,” ungkap Yeremias.

Dasar lain tentang program ini, lanjut Yeremias adalah melihat 14 point ciri kemiskinan. Karena itu Pemerintah Desa menggarisbawahi soal rumah tidak layak huni menjadi bagian dari program fisik tahun anggaran 2017.

“Tahun 2017 Pemdes telah menyelesaikan 15 unit bantuan rumah tidak layak huni berupa bahan non lokal dengan total per- kepala keluarga jika diuangkan sebanyak 10 juta per-kepala keluarga (pemanfaat). Dari 15 unit rumah yg d bangun dengan pagu anggaran Rp. 150.000.0000,” tambah Yeremias.

Untuk program fisik lainnya Yeremias mengatakan yang diakomodir dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBDES) T.A 2017 adalah, buka jalan baru, perataan lapangan bola kaki (program unggulan), pembanguanan gedung TK Paud, rabat beton di halaman Pustu dan telford.

Dia pun menegaskan, bahwa hampir di pastikan bahwa masalah tentang pembangunan di bidang fisik akan tuntas dikerjakan sesuai kebutuhan masyarakat desa.

“Pembanguan bidang fisik lainnya juga dibantu oleh APBD 2, tahun ini ada beberapa program fisik yg d akomodir oleh APBD 2 seperti sanitasi berbasis lingkungan masyarakat dari dinas perumahan rakyat Kab. Manggarai, air minum bersih, tpt, saluran dan irigasi,” terangnya.

Di akhir Yeremias menyakini beberapa point penting pembangunan ini akan sinergi dengan program Kabupaten dan program Pemerintah Desa. (KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password