breaking news New

Panwascam Langke Rembong Lantik 20 Panwaslu Kelurahan/Desa

Panwaslu Kelurahan/Desa Sekecamatan Langke Rembong Yang Dilantik (Foto: Berto)
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT secara resmi melantik 20 orang Panwaslu Kelurahan/Desa di Aula Kantor Camat Langke Rembong pada Senin (15/1/2018), Pukul 10.00 Wita.

Pelantikan itu ditandai dengan Pengangkatan Sumpah dan Janji oleh 20 orang Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pembacaan Pakta Integritas oleh Ketua Panwascam Langke Rembong yang diikuti oleh 20 orang Panwaslu Kelurahan/Desa itu.

Hadir pada kesempatan itu Camat Langke Rembong, Danramil, Ketua PPK Langke Rembong, Para Lurah dan Babinkamtibmas.

Ketua Panwascam Langke Rembong dalam sambutan Pelantikannya menegaskan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa menjadi ujung tombak di lapangan untuk mengedukasi Masyarakat agar sadar betapa pentingnya Pemilu bagi kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Selain itu, katanya, Panwaslu Kelurahan/Desa bertugas sedini mungkin untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

“Untuk mencegah pelanggaran Pemilu Panwaslu Kelurahan/Desa juga harus membentuk sebuah Stratak (Strategi dan Taktik) agar mudah dalam mengawasinya” ungkap Ketua Panwascam Langke Rembong.

Dia pun menambahkan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa perlu melibatkan Masyarakat dalam peroses Pengawasan Pemilu karena partisipasi Masyarakat sangat diperlukan untuk memberikan informasi tentang keadaan suatu Wilayah dan mengadministrasi semua tahapan Pemilu.

“Untuk tugas tersebut Panwascam Langke Rembong perlu melakukan pembekalan atau memberikan Bimbingan Teknis kepada Panwaslu Kelurahan/Desa secara berkelanjutan agar dapat menjalankan peroses pengawasan secara baik” pungkasnya.

“Adapun Bimbingan Teknis yang akan diberikan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa, yakni regulasi Pemilu, teknis Pengawasan, teknik membuat laporan Pengawasan dan Stratak Pengawasan seluruh tahapan Pemilu” tuturnya.

Lebih lanjut Dia pun menuturkan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa tidak hanya hadir sebagai pelengkap demokrasi tetapi berperan secara sungguh – sungguh dalam melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan tingkat kewenangan.

“Tugas Panwaslu Kelurahan/Desa yang sudah ada di depan mata adalah Pemutahiran Awal Data Pemilih yang dilakukan oleh PPDP. Jadi Panwaslu Kelurahan/Desa yang sudah dilantik hari ini wajib hukum mengawasi tugas PPDP di lapangan agar mampu menghasilkan data Pemilih yang akurat dan berkualitas” paparnya lagi.

“Panwaslu Kelurahan/Desa dihimbau secara terus menerus agar dalam menjalankan tugas tidak keluar jalur, tidak mudah distir, tidak mudah diprofokasi, tetapi cepat memberikan informasi kepada Panwascam apabila menemukan pelanggaran di lapangan” paparnya.

Selain itu, sambungnya, Panwaslu Kelurahan/Desa pun harus memahami seluruh tahapan Pemilu dan beberapa pelanggaran yang kerap terjadi dalam Pemilu, baik itu pelanggaran kode etik, administrasi maupun pidana.

“Kami akan terus membimbing Mereka dengan memberikan Bimbingan Teknis agar dapat bekerja secara maksimal di lapangan” tutup Ketua Panwascam Langke Rembong itu.

Pantauan Media ini, Pelantikan itu berjalan baik, lancar dan demokratis hingga selesai. (Berto Davids/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password