breaking news New

Warga : Jalan Ruteng – Reo Perlu Mendapat Perhatian

Tampak sebuah mobil mencoba melewati jalan rusak dengan bantuan jalan alternatif yang dibuat warga.
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Jalan Negara yang menghubungkan Ruteng – Reo perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Pasalnya pada musim hujan, di jalur itu banyak kejadian tanah longsor pada sejumlah titik rawan.

Demikian pernyataan Antonius salah seorang Warga Wae Pesi, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT kepada Wartawan di tengah kerumunan orang banyak saat membantu membuat jalur alternatif Ruteng – Reo. Jalur alternatif itu digunakan untuk membantu Kendaraan Roda Empat dan Roda Dua yang macet karena longsor.

“Pada musim hujan jalan Ruteng – Reo perlu mendapat perhatian, baik dari Pemerintah Setempat maupun Satuan Kerja (Satker) jalan Negara, pasalnya pada hari ini telah terjadi longsor di Kali Reba, Wae Pesi Kecamatan Reok” ungkap Antonius, Rabu (17/1/2017) Sore.

Dia menambahkan bahwa Pemerintah Setempat perlu mengeluarkan instruksi Unit Tanggap Darurat, kendatipun status jalan Ruteng – Reo adalah jalan Negara.

“Longsor tersebut diakibatkan hujan deras terus menerus yang menghantam badan jalan sehingga badan jalan terkikis dengan kedalaman hampir 50 Cm, ditambah lagi dengan beratnya Mobil Kontener yang melintasi jalur Ruteng – Reo setiap hari” ungkapnya.

“Bupati punya wewenang instruksikan Dinas PU dan panggil Satker agar mengeluarkan Unit Tanggap Darurat sebelum diperbaiki” pungkasnya.

Jika jalan ini tidak diperhatikan, kata dia, maka distribusi BBM ke Reo akan lamban dan kerap macet, sebab Reo merupakan jantung perekonomian Kabupaten Manggarai.

Pantauan Media ini pada Rabu (17/1/2018, kondisi jalan Ruteng – Reo, tepatnya di Kali Reba, Wae Pesi, Kecamatan Reok telah terjadi longsor.

Longsor tersebut membuat Kendaraan yang melintasi jalur Ruteng – Reo tertahan karena satu Mobil Kontener mogok di tengah jalan.

Warga sekitar pun turun membantu membuat Jembatan kecil di badan jalan yang longsor itu sebagai upaya membuka jalan alternatif. Jalan itu pun akhirnya kembali normal dengan bantuan Jembatan kecil itu.

Penulis: Berto Davids

Editor : Steven

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password