Beranda Nasional KASAD Pertegas Netralitas TNI Pada Pilkada 2018

KASAD Pertegas Netralitas TNI Pada Pilkada 2018

0

Jakarta,Kabarnusantara.Net – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengingatkan kepada purnawirawan TNI AD yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 agar tidak melibatkan personil TNI terhadap berbagai akses yang berindikasi pada politik praktis.

“Para purnawirawan agar benar-benar tulus dan ikhlas untuk tidak menarik-narik lagi dan melibatkan personil TNI AD terhadap berbagai akses yang dapat mengarah pada politik praktis, serta agar Netralitas TNI AD tetap terjaga,” kata Kasad saat memimpin Sertijab 9 Pati TNI AD dan satu Pamen TNI AD, di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin.

Mulyono menegaskan, netralitas TNI telah final dan teruji dengan tidak adanya keinginan TNI untuk berpolitik praktis. Netralitas TNI Menjadi sikap bidup keseharian.

“Netralitas TNI telah menjadi jiwa, nafas dan sikap yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit TNI AD dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, netralitas bagi TNI AD telah final dan tidak perlu diperdebatkan ataupun diragukan kembali,” tegasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa prajurit yang mengikuti kontestasi pilkada 2018 adalah Adalah anggota TNI Purnawirawan atau telah menyelesaikan dinas militernya, dan menjadi warga negara biasa yang memiliki hak politik. Ini juga menepis isu bahwa TNI akan kembali berkuasa.

“Saya tegaskan bahwa yang turut dalam kontestasi Pilkada 2018 adalah para purnawirawan yang telah mengakhiri masa dinasnya. Sebagai Warga Negara Indonesia, tentunya mereka juga memiliki hak politik untuk turut dalam kontestasi politik yang ada. Jadi, tidak benar bahwa Pilkada ini adalah wujud kembalinya TNI untuk berpolitik praktis,” papar Jenderal bintang empat ini.

Sejak Reformasi 1998, TNI telah bertekad untuk tidak lagi berperan di ranah politik praktis, diantaranya melalui penghapusan peran Dwi Fungsi ABRI, penarikan TNI dari legislatif pada tahun 2004 serta reorganisasi dan reaktualisasi peran TNI. (ANTARA-KbN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here