Beranda News Laporan Ahang Ke KPK Tidak Benar, Rakyat Perlu Pahami Ini

Laporan Ahang Ke KPK Tidak Benar, Rakyat Perlu Pahami Ini

0

RUTENG, Kabarnusantara.net – Seperti yang diberitakan Marjinews.com sebelumnya bahwa salah satu Oknum DPRD Kabupaten Manggarai, Marselinus Nagus Ahang melaporkan Bupati Dr. Deno Kamelus, SH.MH ke Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas tudingan penyelewengan dana bencana alam dan proyek fiktif di Kabupaten Manggarai.

Menanggapi laporan Ahang itu Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Manseltus Mitak kepada sejumlah awak media menegaskan bahwa laporan itu tidak benar dan Rakyat Manggarai perlu memahami mekanisme serta informasi yang utuh terkait anggaran APBD dan korelasinya dengan Proyek yang ada di Kabupaten Manggarai.

“APBD ini ditetapkan melalui Perda. Jadi Bupati tidak semena – mena mengatur proyek tanpa mengikuti mekanisme Perda” Tegas Mitak di Kantor Bupati pada Jumat 28/9/2018.

Khusus terkait proyek APBD, tegasnya lagi, dimulai dari Tim Anggaran yang tugasnya menyusun kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara dan kemudian diajukan lagi ke DPRD untuk dibahas oleh Tim Badan Anggaran.

Lanjutnya, berdasarkan hasil pembahasan itu maka lahirnya APBD yang kemudian diparipurnakan oleh Pemerintah dan DPRD terus akan dijabarkan lagi dalam dokumen pelaksana anggaran sehingga tidak ada satu proyek yang fiktif atau tidak ada dalam dokumen pelaksana anggaran. Semuanya tentu ada.

“Semua anggota DPR menghadiri Paripurna pada saat itu dan APBD itu resmi dibahas secara bersama” Pungkas Mitak.

Lebih lanjut Mitak menambahkan bahwa sisa anggaran yang harus dibayar ke kontraktor yang proyeknya sudah selesai masuk dalam kategori KDP yakni hanya sebesar RP. 6.867.004.974 Rupiah, bukan 35 Miliar seperti yang dilaporkan Ahang itu.

“Anggaran itu sudah langsung diaudit oleh BPK. Saya berharap Rakyat Manggarai tidak terpengaruh dengan pemberitaan pers yang sepihak” Tutupnya.

Penulis: Berto Davids