Beranda Kabar Daerah Mosa Laki Kampung Moni: Kami Siap Dukung Harmoni

Mosa Laki Kampung Moni: Kami Siap Dukung Harmoni

0

Ende, Kabarnusantara.net – Mosa laki atau tua adat Moni, Desa Koanara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende mendukung penuh perjuangan Benny K Harman (BKH) menuju pilgub NTT 27 Juni 2018 mendatang.

Di kampung wisata ini, BKH diterima dengan upacara adat sebelum memulai kampanye dialogis dengan ratusan masyaraka desa Koanara, Senin (30/04/2018).

Mosa laki kampung Moni, Antonius Mbena menyebut BKH adalah cagub pertama yang hadir dan berdialog langsung dengan masyarakat.

Program unggulan paket Harmoni dinilainya sangat menyentuh persoalan yang dihadapi mayoritas masyarakat adat di desa tersebut.

“Saya tertarik dengan programnya yang menyentuh persoalan petani. Enam progran yang disampaikan pak Benny, itu yang kami rasakan. Kami siap dukung beliau” ungkap Anton.

Keenam program khusus untuk petani itu yakni:

Pertama, pemerintah menyediakan bantuan modal usaha paling banyak Rp.10 juta untuk keluarga miskin.

Kedua, bantuan pupuk dan bibit agar produktivitas panen meningkat.

Ketiga, agar ada keadilan harga, pemerintah bersama BUMD akan membeli produk petani sesuai harga yang layak.

Keempat, petani diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti pelatihan keterampilan bekerja melalui pengadaan Balai Latihan Kerja (BLK).

Kelima, mengadakan asuransi gagal panen. Program ini untuk membantu petani yang tanamanya diserang hama, bencana longsor, banjir bandang, puting beliung, dan lain-lain.

Keenam, menyediakan beasiswa khusus bagi anak-anak petani yang berprestasi sehingga bisa melanjutkan sekolah.

Tokoh adat lain, Niko Rai menyambut program ini dengan gembira.

“Ini kabar gembira bagi kami petani pak. Kalau ini menjadi program unggulan kami siap dukung. Kami siap wartakan kabar gembira ini” ungkap Niko.

BKH di hadapan masyarakat menyampaikan program-program itu tidak akan berguna kalau masyarakat tidak memilihnya tanggal 27 Juni nanti.

“Jadi bapa mama kalau saya ajak untuk pilih saya, bukan untuk kebaikan saya, tetapi supaya saya punya kuasa menjalankan program-program itu. Ini akan sia-sia kalau kita tidak menang,” kata BKH. (CBN)