breaking news New

Jokowi Hadiri KTT Organisasi Kerjasama Islam di Istambul

Bagikan

Jakarta, Kabarnusantara.Net – Presiden Joko Widodo hari ini Selasa (12/12/2017) bertolak ke Istanbul, Turki untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Jokowi berangkat menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 11.03.

“Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina,” kata Jokowi sebelum naik pesawat.

Jokowi didampingi Ibu Negara Ny Iriana; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Sekretaris Negara Pratikno; serta Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah lebih dulu tiba di Istanbul.Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut melepas keberangkatan Jokowi dan rombongan.

Sidang OKI akan membahas pengakuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Seperti diberitakan sebelumnya Indonesia mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat Donal Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota negara Israel. Indonesia juga membuka komunikasi dengan dunia internasional, terutama negara-negara Islam.

“Kita sudah menghubungi hampir semua negara Islam untuk ini,” ujar Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017) siang.

Presiden Jokowi secara tegas menyatakan bahwa Pemerintah RI mengecam keras pengakuan sepihak AS atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan meminta Negara “Paman Sam” itu mempertimbangkan kembali keputusan itu.

“Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya. Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 6 Desember lalu. (KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password